Politik
Rabu 24 Januari 2024 18:41
Tasril Jamal, Anggota Komisi IV DPRD Kota Tangerang Fraksi PKB dalam suatu kegiatan. (FOTO: dok-BantenExpres)
\"Share

BANTENEXPRES - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan presiden boleh berkampanye. Presiden, kata Jokowi, boleh juga memihak.

"Presiden tuh boleh lho kampanye, Presiden boleh memihak, boleh," kata Jokowi kepada wartawan di Pangkalan TNI AU Halim, Jakarta, Rabu (24/01).

Namun, ia menyatakan, yang penting tidak menggunakan fasilitas negara. Pasalnya, pejabat publik yang sekaligus pejabat politik.

"Tapi yang paling penting waktu kampanye tidak boleh menggunakan fasilitas negara. Kita ini pejabat publik sekaligus pejabat politik, masa berpolitik nggak boleh, boleh. Menteri juga boleh," ujar dia.

Pernyataan Jokowi ini sontak membuat perdebatan sengit di ruang publik. Bagaimana tidak, publik melihat seorang presiden dimana dan kapan pun akan selalu memakai fasilitas negara. Melekat pada diri seorang presiden.

Anggota DPRD Kota Tangerang, Tasril Jamal juga turut menyoroti keras pernyataan presiden Jokowi itu. Ia menyebutkan pernyataan tersebut sangat disayangkan.

"Presiden harus jaga omongannya. Saya sebagai seorang wakil rakyat (DPRD) sangat geli melihat pernyataan presiden itu, sangat disayangkan," ujar Tasril kepada BantenExpres di Lobby An'Naim DPRD Kota Tangerang, Rabu (24/01) sore.

Politisi PKB ini menilai, bila nilai-nilai demokrasi sudah dicontohkan yang tidak baik oleh pemimpin tertinggi maka akan berantakan sampai ke bawah.

"Artinya Undang-undang itu telah ditabrak sendiri oleh pemimpin itu sendiri," ucap Tasril.

Menurutnya, Jokowi sebagai seorang presiden akan selalu melekat dengan pelbagai fasilitas negara yang diberikan.

"Itu bulshit semua! Bohong saja tidak menggunakan fasilitas negara tapi kenyataanya yang ada dilingkunganya itu semua fasilitas negara," cetus Tasril.

Menurutnya lagi masyarakat bisa melawan praktik-praktik penggunaan kekuasaan itu dengan cara menggunakan hak pilihnya pada tanggal 14 Februari mendatang.

"Gunakan hak pilih kita secara rasional secara cerdas untuk perubahan Indonesia yang lebik baik lagi, dengan cara coblos nomor 1 AMIN, Ok," tutup Tasril.

(ZIE)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek