Nasional
Rabu 16 Desember 2020 14:23
Presiden Joko Widodo. (FOTO: Dok-BantenExpres)
\"Share

BANTENEXPRES - Presiden Joko Widodo menegaskan dirinya siap menjadi orang pertama di Indonesia yang menjalani vaksinasi virus corona (Covid-19). Keputusan tersebut diambil agar masyarakat percaya keamanan vaksin corona.

"Saya tegaskan lagi nanti saya yang akan menjadi penerima pertama vaksin, pertama kali untuk berikan kepercayaan, keyakinan masyarakat bahwa vaksin aman digunakan," kata Presiden Jokowi dalam keterangan pers di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (16/12) yang disiarkan daring via akun Youtube Sekretariat Presiden.

Presiden Jokowi dalam kesempatan itu juga memastikan pemerintah tidak akan mematok bayaran untuk vaksin corona.

"Jadi setelah menerima masukan dari masyarakat, dan setelah kalkulasi ulang, melakukan perhitungan ulang mengenai keuangan negara, dapat saya sampaikan vaksin Covid untuk masyarakat gratis," kata Jokowi.

"Gratis tidak dikenakan biaya sama sekali. Untuk itu saya instruksikan kepada seluruh kabinet, kementerian/lembaga, pemda untuk prioritaskan program vaksinasi tahun anggaran 2021," imbuhnya.

Kementerian Kesehatan sebelumnya telah telah menerbitkan keputusan yang menetapkan jenis vaksin Covid-19 bakal digunakan di Indonesia.

Pada Kepmenkes HK.01.07/ Menkes/9860/2020 yang diteken 3 Desember lalu ditegaskan ada dua skema vaksinasi Covid-19, di mana yang gratis dikelola Kemenkes sementara yang mandiri alias berbayar dikelola Kementerian BUMN.

Sebelumnya, Pemerintah tadinya akan memberikan biaya untuk setiap dosis vaksin Covid-19 tersebut sebanyak Rp 200 ribu rupiah untuk satu kali penyuntikan.

Tetapi, kebijakan tersebut banyak diprotes oleh masyarakat karena melihat banyaknya vaksin gratis yang diberikan oleh pemerintah di negara lainnya. (GUNG)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek