Hukum_Kriminal
Senin 04 Oktober 2021 16:18
Pembangunan jembatan teko di Kampung Anyar Dumpit Neglasari. (FOTO: Dok-Istimewa)
\"Share

TANGERANG - Pemerhati Kota yang juga salah satu tokoh pemuda Negalsari Kota Tangerang, San Rodi, mengkritisi proyek pembangunan jembatan Baru di Blok Teko, karena diduga belum mengantongi rekomendasi alias izin dari BBWSCC Kementerian PUPR Pusat, Deputi SDA.

Sedianya proyek yang berlokasi di Kampung Karang Anyar, Dumpit, Kecamatan Neglasari Kota Tangerang ini sedang berjalan.

"Sangat disayangkan sekali proyek pembangunan jembatan Baru di Blok Teko dengan anggaran Rp.1,5 miliar, belum miliki rekomendasi dari Kementerian PUPR SDA (BBWSCC)," kata San Rodi dalam keterangnya kepada media, Senin (04/10).

Adapun proyek tersebut berada di wilayah I dikerjakan oleh CV. Ankura, dengan masa kerja 100 hari kalender.

Rekomendasi tersebut bagian dari syarat untuk membangun sebuah jembatan, dan harus dilengkapi agar tidak ada masalah kedepannya, menurut dia.

"Sesuai Undang-undang Nomor 17 Tahun 2009 Tentang Sumber Daya Air, Bab II Pasal 4 Ayat D, jelas jembatan tersebut harus miliki izin rekomendasi dari muara Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC)," terangnya.

"Masa iya proyek miliaran belum ada rekomendasinya aneh kan," sambung Kucay sapaan akrabnya.

Selain itu, dirinya juga menduga adanya keganjilan dalam proyek tersebut. Dimana nama paket dan lokasi kegiatan pun salah.

"Seharusnya tertulis pergantian Jembatan Blok Teko Jalan Tegal Parang, Batusari, Kecamatan Batuceper," kata dia.

Ia pun meminta pembangunan jembatan Teko dikaji ulang dan merubah nama paket serta lokasi proyek, dan pemenang lelang proyek juga harus melengkapi syarat-syarat tersebut diatas.

"Khususnya terkait aspek kelayakan K3 konstruksi jembatan, rekomendasi izin, serta lebih diutamakan kajian infrastruktur pembagunan jembatannya. Persoalannya yang kita takutkan nanti ada temuan, lantaran biaya tersebut tidak kecil lho," kata dia. (ZIE/MAN)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek