Hukum_Kriminal
Rabu 29 September 2021 17:38
Gedung Pengadilan Tata Usaha Negeri (PTUN) Serang, Jl Syech Nawawi Al-Bantani, Banjarsari Kota Serang. (FOTO: untuk BantenExpres)
\"Share

BANTENEXPRES - Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Serang, resmi meluncurkan  inovasi layanan pengadilan "SIMPATI dan EMPATI" yang dilakukan secara daring melalui Zoom dan cahnnel Youtube, Rabu (29/09).

Acara ini dihadiri para stakeholder di lingkungan wilayah hukum Pengadilan Tata Usaha Negara Serang. Mulai dari instansi pemerintah yang sering duduk sebagai Tergugat, para pengacara, akademisi dari Universitas besar di Banten yakni Untirta, UIN Banten dan Unsera serta masyarakat umum.

Sebelum sesi peresmian, terlebih dahulu diadakan sesi ‘BTS’ atau Bincang TUN Santai. Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Serang, Herry Wibawa, menjadi narasumber yang membahas permasalah hukum seputar upaya administratif dan pelaksanaan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap (eksekusi) di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Serang.

"Problematika dalam pelaksanaan upaya administratif dan eksekusi tersebut yang kemudian menjadi ide awal munculnya gagasan inovasi layanan SIMPATI dan EMPATI," kata Herry dalam siaran persnya kepada BantenExpres, Rabu (29/09).

SIMPATI atau Sistem Informasi Dan Manajemen Pelayanan Upaya Administratif merupakan inovasi layanan pengiriman notifikasi/pemberitahuan Upaya Administratif oleh Pengadilan terhadap permohonan warga masyarakat untuk mendapatkan tanggapan/jawaban dari Badan dan atau pejabat pemerintah.

"Sedangkan, EMPATI atau Eksekusi Mandiri Badan Dan/Atau Pejabat Pemerintahan Dalam Pelaksanaan Putusan Peradilan Administrasi merupakan inovasi layanan notifikasi/pemberitahuan dan monitoring informasi perkembangan proses pelaksanaan putusan pengadilan tata usaha negara yang telah berkekuatan hukum tetap," terang dia.

Adapun layanan SIMPATI dan EMPATI dapat diakses pada aplikasi SIMKARA dengan alamat di www.simkara.ptun-serang.go.id.

Sementara SIMKARA atau Sistem Informasi Manajemen Perkara merupakan suatu aplikasi pelayanan berbasis web-based yang mengintegrasikan semua inovasi layanan yang ada pada Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Serang.

Herry berharap melalui SIMPATI dan EMPATI, masyarakat dan pejabat atau badan tata usaha negara dapat lebih mudah dalam memantau dan memenuhi kewajiban dalam proses penyelesaian sengketa tata usaha negara secara online.

"Dua layanan tersebut diharapkan dapat memberikan kepastian hukum bagi masyakarat pencari keadilan," demikian Ketua PTUN Serang Herry Wibawa. (MUH/ZIE)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek