Politik
Rabu 18 Desember 2019 08:14
Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin. (BantenExpres | Azie Stianegara)
\"Share

BANTENEXPRES - Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin menampik tudingan dinasti politik terkait rencana puterinya, Siti Nur Azizah yang maju dalam Pemilihan Wali Kota Tangerang Selatan 2020-2025.

Ma'ruf mengklaim tak pernah mengarahkan anggota keluarnya maju dalam Pilkada serentak 2020 di daerah manapun.

"Kalau kita enggak ada dinasti, saya sendiri tidak merencanakan menjadi wapres. Saya juga tidak mengarahkan keluarga saya, anak saya, untuk menjadi wali kota, enggak ada," kata dia kepada awak media di kantor wakil presiden, Jakarta, Selasa (17/12).

Serupa dengan putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, yang maju pilwalkot Solo, Ma'ruf membantah pencalonan itu akan melanggengkan dinasti politik Jokowi.

BACA JUGA: Wapres Ma'ruf Restui Puterinya Maju di Tangsel

Menurut Ma'ruf, jika memang masyarakat menginginkan Gibran maupun anaknya sendiri maju dalam pilkada, hal itu tak dapat dihindari. Cara ini tak berbeda jauh saat dirinya menjadi wapres untuk mendampingi Jokowi.

"Kalau memang masyarakat ingin, meminta, saya kira itu bukan sesuatu yang lahir dari keinginan kita, tapi itu lahir dari keinginan masyarakat," kata dia seperti dilansir laman CNNIndonesia.

Terlepas dari tudingan tersebut, Ma'ruf menyatakan tetap mendukung pilihan anaknya yang maju dalam Pilwalkot Tangerang. Ketua Umum MUI nonaktif ini mengaku enggan terlibat terlalu jauh dengan pencalonan tersebut.

"Dia mencalonkan kalau memang masyarakat mau ya enggak ada masalah. Saya tut wuri saja (dorong dari belakang), tergantung kemampuan," tambah Ma’ruf Amin.

Siti Nur Azizah memutuskan untuk mendaftarkan diri ke partai politik untuk mendapatkan dukungan dalam keinginannya mencalonkan sebagai wali kota Tangerang Selatan periode 2021-2026. Azizah juga telah mengakukan pengunduran dirinya sebagai pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Direktorat Jenderal Bina Masyarakat Islam Kementerian Agama demi pilihan politiknya tersebut. (TON)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek