Lapsus
Selasa 10 Mei 2022 14:07
Gubernur dan Wakil Gubernur Banten Wahidin Halim Andika Hazrumy. (FOTO: Dok-BantenExpres)
\"Share

BANTENEXPRES - Banten International Stadium (BIS) yang diklaim bertaraf internasional telah resmi dibuka kepada publik oleh Gubernur Banten, Wahidin Halim (WH) pada Senin (09/05) malam.

"Banten harus punya lapangan sepak bola terbaik. Kalau di negara Eropa sudah punya stadion bertaraf internasional, Banten juga harus punya stadion bertaraf internasional," ucap WH meresmikan BIS.

"Kita bangun karena rindu akan stadion yang memadai, yang rindu bahwa kita punya ikon. Kita perkenalkan Banten bagian dari masyarakat internasional," kata dia lagi.

Pembangunan stadion yang menelan biaya Rp874,317 miliar (multiyears) ini dilakukan sejak Juli 2020. Awalnya, ditargetkan selesai pada Desember 2021, namun baru bisa diresmikan pada Mei 2022.

Peresmian Banten International Stadium (BIS) diwarnai pesta kembang api, permainan cahaya lampu dan pertandingan eksibisi antara Banten All Stars vs Selebrity FC. Menyemarakan peresmian BIS.

WH dan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy pun berpesan agar masyarakat menjaga BIS yang sudah dibangun selama dua tahun dan menelan biaya mendekati Rp1 triliun ini.

"Masyarakat juga turut serta merawat, memelihara, menjaga. Nama Banten sudah dikenal jauh di dunia internasional sebelum kita lahir, sejak zaman kerajaan dulu," ujar WH.

BIS menggunakan rumput jenis zoysia matrella dan dianggap sudah sesuai standar FIFA. Dan memiliki 18 gate (pintu).

Stadion yang terletak di Kecamatan Curug, Kota Serang itu berkapasitas 40 ribu penonton dan memiliki lintasan lari atletik sesuai standar IAAF.

Jika dilihat dari luar, bangunan lima lantai itu terdapat motif batik Banten dan ornamen gerbangnya memiliki ciri khas Kesultanan Banten.

"BIS hadir untuk masyarakat Banten yang sudah rindu dengan lapangan sepakbola dan stadion berstandar internasional. Mari kita rawat stadion ini jangan sampai menjadi tempat yang kumuh, masyarakat harus terlibat menjaga kebersihan. Masyarakat Banten dikenal sebagai masyarakat beradab," ujar WH mengimbau.

WH-Andika Minta Maaf

Wahidin Halim dan Andika Hazrumy menjabat Gubernur dan Wakil Gubernur Banten sejak 2017 lalu. Dan akan berakhir pada 12 Mei 2022 ini.

"Kami minta maaf kalau tidak mampu mewujudkan harapan-harapan masyarakat Banten. Kami sudah memberikan apa yang kami mampu, menuju pemerintahan yang baik dan bersih sudah kami laksanakan," kata dia.

"Akhirnya, kami mohon diri mohon doa. Dengan mengucap Bismillah, kami buka dan terbuka untuk siapa saja yang ingin bermain bola di tempat (BIS) ini," ucap WH.

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy pun melakukan Kick Off pada pertandingan perdana Banten All Stars vs Selebrity FC.

Capaian WH-Andika selama menjabat

Berbagai capaian pembangunan di bawah kepemimpinam WH-Andika, mulai dari pembangunan jalan dengan cor beton, revitalisasi kawasan Banten Lama. Juga pembangunan gedung 8 lantai RSUD Provinsi Banten.

Kemudian, pembangunan jembatan Aria Wangsakara (Bogeg), pembangunan RSUD Labuan dan Cilograng. Capaian tata kelola pemerintahan yang baik, transparan dan akuntabel hingga penyelesaian masalah Bank Banten dengan tantangan penanganan pandemi Covid-19.

"Kami hadir dengan semangat membangun budaya baru agar tidak menjadi wilayah terbelakang. Semangat kami, membangun adalah semangat juang untuk Banten. Kami lakukan demi masyarakat Banten yang kami cintai," ujar WH.

(MUH/ZIE)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek