Hukum_Kriminal
Jumat 08 Oktober 2021 19:01
Restoran cepat saji HokBen di Jalan Halim Perdana Kusuma, Jurumudi Benda, Kota Tangerang. (FOTO: Dok-KJK)
\"Share

TANGERANG - Restoran cepat saji Hoka Hoka Bento, di Jalan Halim Perdana Kusuma Ruko No 53AF dan AG Kelurahan Jurumudi Baru, Kecamatan Benda, Kota Tangerang, diduga belum miliki izin tapi tetap beroperasi.

Restoran cepat saji atau makanan hangat dalam kotak tersebut, beroperasi awal bulan Oktober kemarin. Disinyalir belum mengantongi izin Instalasi Pengolahan air limbah (IPAL) Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) dan Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Hidup (SPPL).

Salah satu warga yang enggan menyebutkan identitasnya, mengatakan HokBen di launching pada awal Oktober.

"udah 8 hari bukanya", ujar warga, Jumat (08/10).

Kepala Kelurahan Jurumudi Baru, Chaeruddin, membenarkan aanya restoran cepat saji, Hoka Hoka Bento (HokBen) di wilayahnya.

"Terkait izin, IPAL, PPKL dan SPPL-nya, kita sudah pertanyakan kepada pihak manajemen untuk segera diajukan agar syarat-syarat usaha restoran lengkap izinnya dan itu  harus ditempuh oleh pihak manajemen Hokben," tutur Chaeruddin kepada media, Jumat (08/10).

Ditempat terpisah, pengamat perkotaan San Rodi, sangat menyayangkan usaha restoran HokBen yang sudah besar belum mengajukan syarat izin IPAL, PPKL, SPPL dari Dinas Lingkungan Hidup (LH) dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tangerang.

"Sesuai UU Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, tiap usaha terkait masalah Lingkungan Hidup harus memiliki izin baik itu IPAL, PPKL maupun SPPL, ini harus ditempuh agar dampak pencemaran Lingkungan tidak besar," kata dia.

Kedanti demikian, ia berharap seluruh stekcoder dalam hal ini harus bersikap tegas, bila perlu apabila terjadi pelanggaran, maka di stop atau disegel usahanya.

"Mereka bisa buka apabila syarat-syarat izinnya telah ditempuh," ujarnya.

Informasi yang dihimpun, usaha restoran HokBen belum miliki izin terkait IPAL, PPKL dan SPPL-nya. Hingga berita ini di tayangkan belum ada kutipan resmi dari pihak terkait dan Manajemen HokBen. (KJK)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek