Ekonomi
Jumat 06 Juli 2018 10:48
Masjid Agung Banten Lama. (BantenExpres | Azie Stianegara)
\"Share

SERANG - Ketua Tim Revitalisasi Banten Lama Andika Hazrumy menyatakan, penataan kawasan utama Banten Lama akan dimulai pada pertengahan bulan Juli ini.
   
"Untuk penataan kawasan Banten Lama sudah dilaksanakan lelang, tinggal pelaksanaan fisiknya. Saya sudah berikan tengak kepada Dinas Perkim agar dimulai pertengahan Juli ini," kata Andika Hazrumy, kepada wartawan, Kamis (05/07).
   
Wakil Gubernur Banten ini juga mengatakan, untuk mengawali penataan Banten Lama tersebut, diutamakan terlebih dulu kawasan utama yakni sekitar alun-alun atau plaza serta kawasan masjid agung Banten Lama.
   
"Jadi nanti yang melaksanakan langsung pihak ke tiga karena sisitemnya kan design and built. Pemerintah tinggal menyiapkan anggarannya, jadi perencanaan sekaligus bangun," ungkapnya.
   
Wagub berharap, pembangunan atau penataan kawasan utama lokasi wisata religius Banten Lama tersebut ditargetkan selesai tahun ini, dengan anggaran yang disiapkan APBD Banten Tahun 2018. "Anggaran tahun ini untuk kawasan utama itu harus selesai Oktober-November," kata dia.
     
Sedangkan untuk kawasan lainnya seperti Surosowan, benteng spelwijk, Tasik Ardi dan Kawasan Penunjang Wisata (KPW) akan menyusul. Namun demikian, penataan tersebut akan dilakukan secara keseluruhan dengan anggaran secara bertahap dua sampai tiga tahun kedepan.
     
"Memang pedagang kaki lima (PKL) masih belum bisa dipindahkan ke kawasan penunjang wisata, karena masih menunggu kesiapan dari Pemkot Serang," tutup Andika.

Pemerintah Provinsi Banten akan mengalokasikan anggaran Rp220 miliar secara bertahap selama tiga tahun untuk menata atau merevitalisasi Kawasan Wisata Ziarah Mesjid Agung Banten Lama di Desa Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang.

Penganggaran akan dilakukan mulai pada APBD Banten 2018 sebanyak Rp100 miliar. Dengan anggaran sebesar itu, Pemprov Banten optimistis keinginan warga Banten untuk memiliki ikon pariwisata sejarah dan religi berkelas internasional dapat segera terwujud. (JAY)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek