Ekonomi
Kamis 04 Juli 2019 21:56
Para pesilat di Banten tengah menunjukan kebolehanya. (BantenExpres | Azie Stianegara)
\"Share

SERANG - Pemerintah Kabupaten Serang kembali menggelar Festival Silat Kaserangan dalam rangkaian Anyer Krakatau Culture Festival (AKCF) 2019. Kompetisi para pesilat keempat ini akan digelar pada Selasa (16/07) mendatang di Pantai Pal Anyer, Kecamatan Anyer.

Dijelaskan Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Serang Beni Kusnandar, jurus Silat Kaserangan merupakan jurus yang di gagas langsung Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, diciptakan oleh13 sesepuh pendekar dari 12 paguron di Kabupaten Serang.

“Jurus ini sudah diajarkan di seratus lebih paguron di Kabupaten Serang,” kata Beni dalam keteranganya di Serang, Kamis (04/07). 

Jurus Silat Kaserangan ini sudah menjadi pelajaran muatan lokal (mulok) di sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP), menurut dia.

“Jurus ini digagas dalam rangka memperkuat persatuan antar paguron. Setiap aliran silat tentu punya khas berbeda, tetapi dipadukan dalam jurus Silat Kaserangan,” ujarnya. 

Festival Jurus Silat Kaserangan, kata Beni, akan memperebutkan Piala Bupati Serang dan sudah memasuki tahun keempat. “Jurus silat ini ditargetkan bisa mendunia. Bahkan saat ini rutin ditampilkan di objek wisata Tasikardi setiap Minggu sore,” tandas Beni. 

Sebagai informasi, kegiatan Festival Silat Kaserangan Serang ini juga diisi dengan Beach Clean Up, Color Fun Run, Ngagurah Dano, Lomba Mancing Selat Sunda, Anyer Krakatau Bike Festival, dan Anyer Krakatau Adventure Destination. Pun AKCF ini telah mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar RI). (MUH)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek