Hukum_Kriminal
Rabu 25 Desember 2019 13:07
Warga Sukadiri Tangerang saat menerima kunjungan aleg asal PKS, Rabu (24/12). (FOTO: Istimewa)
\"Share

TANGERANG - Misbah, warga Desa Gintung, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang, dihadapan wakil-wakil rakyat menyampaikan keluhannya atas kasus pencemaran sungai Cirarab yang sekian lama merugikan warga setempat khususnya mereka yang dilintasi aliran sungai tersebut.

Ia meminta legislator asal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI Mulyanto, DPRD I Provinsi Banten Asnin Syafiudin, dan DPRD II Kabupaten Tangerang Ahmad Syahril dapat mengusut tuntas kasus pencemaran sungai Cirarab ini.

“Belum ada solusi yang bagus terkait pencemaran sungai Cirarab ini. Mempertanyakan kewenangan pengelolaan sungai Cirarab ada pada pihak mana? Berharap kunjungan dari Dewan Kabupaten, Provinsi, dan Pusat bisa mengusut kasus pencemaran Cirarab ini,” ujar Misbah saat temu wicara bersama wakil rakyat tersebut, di Balai Desa Gintung, Sukadiri, Kabupaten Tangerang, Selasa (24/12).

Senada dengan Misbah, Aman petani Desa Gintung juga mengeluhkan hasil panen sawahnya tidak lagi bagus sejak Sungai Cirarab tercemar. Karena sejak tahun 1990-an Sungai Cirarab menjadi irigasi untuk mengairi sawahnya dan petani desa gintung lainnya.

"Setelah air tercemar, hasil panen sawahnya tidak lagi bagus. Hasil penennya jelek dan sering kena penyakit,” kata Aman.

Menurut Aman rendemen padi di sawahnya setelah kena limbah dapat sedikit, padi setelah digiling, dari satu kuintal padi hanya dapat 60 kg, paling bagus 70 kg. Selain itu, kualitas berasnya juga tidak bening, warnanya keruh.

BACA JUGA: Ketua PKS Banten Dirotasi Menjadi Staf

Masih menurut Aman, selain pengaruh ke tanaman dan hasil panen, kondisi lahan yang dialiri sungai Cirarab yang sudah tercemar adalah tanah jadi lembek seperti comberan. Sawah yang teraliri air sungai ini juga lebih dalam berlumpur, dibandingkan sawah yang tidak menggunakan air sungai Cirarab.

Menanggapi banyak keluhan warga tersebut, Anggota DPRD Kabupaten Tangerang Ahmad Syahril akan segera menuntaskan masalah tersebut dengan bersinergi dengan Fraksi PKS DPR RI dan DPRD Provinsi Banten.

“Kali ini kami mengundang Anggota DPR RI Komisi VII dari Fraksi PKS yang membidangi lingkungan hidup, Dr. Mulyanto dan Anggota DPRD Provinsi Banten setempat, Asnin Syafiuddin, agar bersinergi dan tuntas tak sekedar seremonial. Semoga ini menjadi usaha maksimal kami sebagai anggota dewan,” kata Syahril dilansir laman resmi kabtangerang.pks.id, Rabu (25/12).

Jika pencemaran Sungai Cirarab ini tidak mendapatkan perhatian dengan pemerintah daerah setempat, PKS akan mengadvokasi pencemaran Sungai Cirarab ini sampai ke Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Jika tidak diperhatikan oleh eksekutif terkait, baik kota maupun kabupaten dan Provinsi Banten, bisa jadi kami meminta Kementrian LHK untuk turun tangan,” tegasnya. (EDY)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek