Lapsus
Senin 08 April 2019 23:06
Presiden Joko Widodo dalam kesempatan di Kota Tangerang. (BantenExpres | Azie Stianegara)
\"Share

BANTENEXPRES - Elektabilitas pasangan capres/cawapres Joko Widodo-Ma’ruf Amin tertinggal jauh dari rivalnya, yakni pasangan Prabowo-Sandi di lima Provinsi di Jawa. Demikian dari hasil survei terbaru Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) yang dirilis pada Senin (08/04).

Husin Yazid Direktur Eksekutif Lembaga Survei Puskaptis, menyatakan Jokowi-Ma'ruf hanya menguasai wilayah Jawa Tengah. Sedangkan, Prabowo-Sandiaga unggul di Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, DIY Yogyakarta dan Jawa Timur.

Hasil itu diperoleh setelah survei terhadap 2.100 orang di 34 provinsi Indonesia pada 26 Maret sampai dengan 2 April 2019. Responden dipilih secara acak sistematis dengan margin error sekitar 2,4 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Lebih lanjut, Husin menyebut elektabilitas Prabowo-Sandiaga di Provinsi Banten mencapai 56.43 persen. Berbeda dengan pasangan Jokowi-Ma'ruf yang memperoleh 38.12 persen. Sementara untuk wilayah DKI Jakarta, elektabilitas Jokowi-Ma'ruf hanya mendapatkan 41.27 persen. Sedangkan Prabowo-Sandiaga unggul dengan elektabilitas sebesar 57.55 persen.

Keunggulan Prabowo-Sandiaga itu lantas diperkuat di Provinsi DIY Yogyakarta dengan raihan elektabilitas 53,55 persen. Sementara Joko Widodo-Ma'ruf hanya mendapatkan elektabilitas 43,84 persen.

Tak berhenti di situ, Prabowo-Sandi unggul tipis di Jawa Timur dengan elektabilitas 51,23 persen dibandingkan Jokowi-Ma'ruf yang hanya mendapatkan 47,19 persen.

Meski dinilai Jokowi-Ma'ruf unggul di Jateng, Husin tak menyebutkan presentase elektabilitas suara di daerah pemenangan pasangan nomor urut 01 itu. Ia hanya membeberkan hasil survei secara umum yang menunjukkan bahwa Jokowi-Ma'ruf masih unggul dari Prabowo Sandi di wilayah tersebut.

"Namun satu Provinsi Jawa Tengah pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin masih mengungguli pasangan Nomor urut 02 (Prabowo-Sandi)," tambah dia. (GUNG)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek