Ekonomi
Rabu 10 Februari 2021 22:52
Ilustrasi - Dimasa pandemi Covid-19 semua aktivitas masyarakat dipaksa beralih ke daring. (FOTO: NET)
\"Share

TIGARAKSA - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang maksimalkan pelayanan melalui aplikasi ‘Siap Kerja’ bagi pencari pekerjaan di wilayah Kabupaten Tangerang. Aplikasi diluncurkan mengingat saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Kasie Informasi dan Perencanaan Tenaga Kerja pada Disnaker Kabupaten Tangerang, Audy Iksan Arief menjelaskan, selama masa pandemi Covid-19 semua kegiatan atau aktivitas masyarakat dibatasi. Namun demikian, tentu ada keperluan masyarakat yang tetap harus dipenuhi salah satunya adalah bekerja.

"Melihat persoalan tersebut Disnaker memberikan solusi bagi para tenaga kerja di Kabupaten Tangerang untuk tetap memperoleh pelayanan terkait ketenagakerjaan. Salah satunya aplikasi Siap Kerja ini," kata Audy di kantornya, Rabu, (10/02).

Dijelaskannya, aplikasi Siap Kerja dari Disnaker ini akan memuat semua informasi terkait pelayanan di Disnaker Kabupaten Tangerang. Salah satu pelayanan yang sering diminta pencari kerja adalah permohonan penerbitan surat Antar Kerja atau AK1.

"Selain itu pula akan berisi informasi semua pelayanan bidang yang terdapat di Disnaker Kabupaten Tangerang. Di Disnaker Kabupaten Tangerang sendiri, terdapat sedikitnya, tiga bidang," jelas dia.

Tiga bidang tersebut adalah Hubungan Induatrial atau HI, bidang Penempatan dan Perluasan Tenga Kerja, serta bidang Pelatihan dan Produktifitas atau Latas, sambung dia.

“Aplikasi Siap Kerja sudah berjalan sejak Oktober 2020, lalu. Masyarakat bisa mengaksesnya dimana saja, bahkan di rumah sekalipun tanpa harus mendatangi kantor Disnaker,” terang Audy.

Adanya aplikasi Siap Kerja ini menurut Audy sangat memangkas waktu dan biaya pencari kerja. Pasalnya, pemohon dapat terlayani secara digital, mudah dan cepat. Pemohon, usai mengisi permohonan kartu AK1 melalui aplikasi, nantinya tinggal datang mengambil kartunya setelah mendapat notifikasi dari petugas.

“Dan ini saya tegaskan gratis, tidak dipungut biaya. Namun, saat mengambil kartu AK1-nya tidak boleh diwakilkan dan bawa KTP.  Ini mengantisipasi oknum,” ucap dia.

Bagi masyarakat yang ingin mengakses aplikasi Siap Kerja dapat mengunjungi laman siapkerja.tangerangkab.go.id.

Selain itu, Disnaker Kabupaten Tangerang juga memberikan pelayanan bagi calon pekerja yang berasal dari luar Kabupaten Tangerang. Namun, demikian syaratnya harus mempunyai surat keterangan domisli dari tempat tinggal di Kabupaten Tangerang.

“Memang aturanya diperbolehkan, kita tidak boleh mempersulit pencari kerja. Nampaknya, daerah lain belum bisa melakukan hal yang satu ini,” ucapnya.

Rahmat Saefullah selaku Pejabat Funsional Pengantar Kerja Disnaker Kabupaten Tangerang menambahkan, selama tiga bulan di Tahun 2020, pihaknya sudah mengeluarkan sekitar 38.280 kartu AK1. Sementara, di tahun 2021 yang belum dua bulan sudah mengeluarkan AK1 sebanyak kurang lebih 3187.

Kedepan, kata dia, pelayanan dari aplikasi ‘Siap Kerja’ ini akan terus ditingkatkan. Misalkan, cukup dengan mesin yang ada di kecamatan. Lalu pembuatan KK digital, dengan aplikasi nya audah berbasis android.

Lalu, diharapkan mampu mengintegrasikan sistem internal data base pencari kerja dengan Disdukcapil terkait NIK, BPJS Tenaga Kerja hingga ke Kementetian Tenaga Kerja dan intasni terkait lainnya.

“Dan tahun 2021 ini, Disnaker Kabupaten Tangerang juga tengah menyiapkan informasi lowongan kerja atau Job Fair secara online. Semua, karena penyesuaian dimasa pandemi Covid-19,” kata dia. (EDY)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek