Politik
Jumat 28 Februari 2020 07:03
Komisioner KPU RI Evi Novida Ginting Manik. (FOTO: Antara)
\"Share

BANTENEXPRES - Komisi Pemilihan Umum [KPU] RI telah menerima syarat minimal dukungan dan sebaran dari 149 bakal pasangan calon (paslon) perseorangan Pilkada 2020 baik pemilihan gubernur (pilgub) maupun bupati/wali kota (pilbup/pilwalkot) di seluruh tanah air. Rinciannya, 147 bakal paslon tingkat kabupaten/kota dan dua paslon tingkat provinsi.

"Setelah dilakulan pengecekan dan selesai sampai akhir tanggal 26 Februari kemarin, status diterima sebanyak 147 pasangan calon perseorangan (kabupaten/kota)," jelas Komisioner KPU RI Evi Novida Ginting Manik dalam konferensi pers di kantor KPU, Jakarta Pusat, Kamis (27/02).

Evi merinci, 147 bakal paslon pilbup/pilwalkot itu tersebar di 104 kabupaten/kota. Sedangkan, dua bakal paslon pilgub berada di dua provinsi yakni Kalimantan Utara dan Sumatera Barat.

Kemudian, sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 16 Tahun 2019, tahapan selanjutnya adalah KPU Provinsi maupun Kabupaten/Kota melakukan verifikasi administrasi dimulai. Tahapan ini dilaksanakan pada 27 Februari sampai 25 Maret 2020.

BACA JUGA: Aktivis Banten Puji Bupati Serang

Masing-masing KPU daerah akan mencocokkan kesesuaian Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, serta alamat pendukung pada Formulir Model B.1-KWK Perseorangan, dengan fotokopi Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) atau Surat Keterangan (suket).

Selain itu, KPU daerah juga melakukan verifikasi kesesuaian antara alamat pendukung dengan daerah pemilihan (dapil). Verifikasi kesesuaian alamat pendukung dengan wilayah administrasi penyelenggara pemungutan suara (PPS).

Tak hanya sampai di situ, KPU provinsi dan kabupaten/kota akan melakukan pengecekan faktual di tingkat kelurahan/desa melalui PPS. Setelah itu, KPU akan merekapitulasi syarat dukungan tersebut.

Sebagai informasi, tahapan sampai pengumuman pendaftaran paslon perseorangan tersebut pada 9-15 Juni 2020. Diketahui, pemungutan suara Pilkada 2020 dilakukan serentak di 261 kabupaten/kota dan sembilan provinsi pada 23 September 2020 mendatang.

BACA JUGA: Aset Pemkab Tangerang Kado Istimewa HUT Ke-27 Kota Tangerang

Seperti diberitakan, vokalis grup band Jamrud Krisyanto resmi mendaftarkan dirinya sebagai bakal calon Bupati Pandeglang pada pilkada serentak tahun ini. Kris mendaftarkan diri melalui jalur perseorangan ke KPU Pandeglang dengan membawa lebih dari 74 ribu fotokopi KTP sebagai persyaratan.

Krisyanto yang berpasangan dengan Hendra Pranova membawa syarat dukungan berupa formulir model B1-KWK yang dilampirkan dengan fotokopi KTP itu menggunakan puluhan kotak putih berukuran besar.

"Dari hampir satu juta jumlah DPT, syaratnya 7,5 persen dukungan, kita menyebar di 35 kecamatan. 74 ribuan (fotokopi) yang kita serahkan, sudah melebihi target," kata Krisyanto pada awak media di KPU Pandeglang, Rabu (19/02) pekan kemarin. (GUNG/RHMT)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek