Ekonomi
Kamis 21 Mei 2020 13:22
Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah. (BantenExpres | Azie Stianegara)
\"Share

TANGERANG - Jelang Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriyah yang tinggal beberapa hari lagi, Pemerintah Kota Tangerang mengimbau masyarakat untuk melakukan sholat Ied dari rumah.

Imbauan ibadah di rumah tersebut dijelaskan melalui Surat Edaran Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangerang No. C.66/XI-05/SE/V/2020 tentang Penyelenggaraan Sholat Idul Fitri Dalam Situasi PSBB Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19 di Kota Tangerang.

Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah mengungkapkan dua masjid besar yang ada di Kota Tangerang diantaranya Masjid Raya Al Azhom dan Masjid Al Ijtihad telah menyatakan tidak menggelar Sholat Ied di tahun ini sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19.

"Hasil keputusan dari MUI, dua masjid itu tidak menggelar Sholat Ied," ujar Wali Kota, di Tangerang, Rabu (20/05).

BACA JUGA: Ketua DPRD Kota Tangerang Imbau Warga Tidak Mudik, Pemkot Diminta Sportif

Di tahun ini, lanjut Wali Kota, Pemkot menghimbau agar penyelenggaraan ibadah umat muslim pada Hari Raya Idul Fitri dapat tetap dilakukan dengan khusyuk dan berkualitas.

"Sholatnya bisa dilakukan di rumah masing-masing bersama keluarga. Silaturahmi juga lebih baik pakai gadget dan hindari bertemu dengan orang banyak," pinta dia.

"Supaya kita tetap sehat dan terhindar dari Covid-19," ucap Walikota.

Sementara, Wakil Ketua MUI kota Tangerang Baijuri Khotib, mengatakan pihaknya mengimbau agar masyarakat tak menggelar shalat Idul Fitri di masjid.

Hal ini dikarenakan Kota Tangerang menjadi daerah zona merah penyebaran virus corona atau Covid-19. Bahkan Kota Tangerang memiliki kasus Covid-19 tertinggi se-Provinsi Banten.

Aturan tersebut hasil rapat bersama dengan sejumlah pihak terkait termasuk Pemerintah Kota Tangerang.

BACA JUGA: KPK: Pegawai Negeri Terima Hadiah Hari Raya Bisa Dipidana

"Kami memutuskan agar shalat Ied tidak diadakan di Masjid. Masyarakat bisa shalat Ied di rumah masing-masing," ujar Baijuri kepada wartawan, di Tangerang, Selasa (19/05).

Terpisah, Ketua DPRD Kota Tangerang Gatot Wibowo mengajak masyarakat untuk mengikuti imbauan pemerintah terkait pelaksanaan Sholat Ied.

“Karena saya rasa itu berdasarkan kajian untuk kebaikan bersama. Pemerintah juga mengeluarkan imbaun sudah pasti berbasis data,” ucap Gatot Wibowo saat dihubungi BantenExpres di Tangerang, Minggu (17/05) kemarin. (EDY/ZIE)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek