Kesehatan
Senin 31 Januari 2022 16:22
Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah Didampingi Wamenkes dr Denta meninjau penderita kusta di RS Sintanala Tangerang. (FOTO: Dok-Humas)
\"Share

BANTENEXPRES - Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah menghadiri acara Peringatan Hari Kusta Sedunia Rahun 2022 dengan tema "Mari Bersama Hapuskan Stigma dan Diskriminasi Kusta" yang turut pula dihadiri Wakil Menteri Kesehatan RI dr. Dante Saksono Harbuwono, Senin (31/01).
 
Pada kesempatan ini Wali Kota mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menghilangkan stigma dan diskriminasi kepada para penderita kusta agar tetap dapat hidup berdampingan dengan masyarakat lain.
 
"Pemerintah Kota Tangerang sejak dulu telah menghapus stigma terhadap penderita kusta," kata Wali Kota dalam keterangan tertulisnya.
 
"Dan menjadikan mereka bagian dari keluarga Pemkot Tangerang," imbuh Wali Kota Tangerang dalam acara yang berlangsung di RSUP Dr. Sitanala, Kota Tangerang tersebut.

Dirinya pun meminta mereka agar tetap produktif.  "Sebagai petugas kebersihan agar mereka tetap produktif," ujarnya.
 
Wali Kota menambahkan selain langkah pengobatan, perlunya edukasi tentang pencegahan dan penyebab penyakit kusta juga perlu diberikan kepada masyarakat sehingga penanganan bisa dilakukan sedini mungkin.
 
"Pemda ikut andil dalam melakukan pelacakan dini di masyarakat agar bisa segera mendapat penanganan yang optimal melalui peran kader kesehatan di wilayah," tutur dia.
 
Sementara itu, Wakil Menteri Kesehatan RI dr. Dante Saksono Harbuwono mengatakan deteksi dini serta edukasi yang baik kepada masyarakat tentang penyakit kusta sangat diperlukan demi program eliminasi penderita kusta di Indonesia dapat segera terealisasi.
 
"Selain eliminasi, stigma dan diskrimasi kepada penderita kusta juga bisa dihilangkan," kata dr. Dante.

(GUNG)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek