Politik
Senin 08 April 2019 07:41
Ciri khas warga Baduy Dalam mengenakan ikat kepala putih. (BantenExpres | Azie Stianegara)
\"Share

LEBAK - Masyarakat Baduy yang tinggal di kawasan tanah hak ulayat di pedalaman Kabupaten Lebak, Banten, berkomitmen tidak masuk golongan putih atau golput pada pemungutan suara pemilihan umum (Pemilu) 2019 yang dilaksanakan pada 17 April nanti.

"Kita sebagai warga tentu wajib berpartisipasi menggunakan hak suara dan tidak golput pada pesta demokrasi itu," kata Santa (45) salah satu warga Baduy pekan kemarin.

Sebab, menurutnya, pesta demokrasi yang dilaksanakan lima tahun sekali untuk melahirkan pemimpin yang mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Karena itu, masyarakat Baduy bagian warga Indonesia tentu wajib menggunakan hak suara pada pemilu tersebut.

"Kami bersama warga lainnya akan berbondong-bondong mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) untuk menggunakan hak politiknya dan tidak golput," katanya.

Sementara itu, pemuka adat Baduy yang juga Kepala Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak, Saija, mengatakan meskipun masyarakat Baduy di kawasan pegunungan Kendeng juga masih kuat terhadap aturan adat, namun pelaksanaan pemilu harus berjalan sukses karena merupakan kewajiban bagi mereka.

Masyarakat Baduy, lanjutnya, akan turun gunung dengan berbondong-bondong untuk mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) guna menggunakan hak politiknya, sebab pesta demokrasi ini bagian cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Kami mengajak warga Baduy yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) wajib mendatangi TPS dan tidak golput," ucap Saija.

Kendati demikian, menurut Saija, pemuka adat menolak pemasangan spanduk maupun atribut di kawasan hak ulayat warga Baduy karena berpotensi menimbulkan perpecahan.

Untuk itu, kawasan hak ulayat masyarakat Baduy seluas 5.200 hektare bebas dari atribut parpol maupun spanduk atau baliho calon pasangan presiden maupun legislative alias caleg. Sementara penduduk Baduy sendiri ada sekira 11.600 jiwa

Pelarangan pemasangan atribut parpol maupun calon legislatif karena keputusan adat agar tidak menimbulkan perpecahan. (RHMT)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek