Lapsus
Minggu 18 November 2018 20:48
Haris Supratman anggota DPRD Kota Tangerang melakukan reses bersama warga Cibodas, Minggu (18/11). (BantenExpres | Azie Stianegara)
\"Share

TANGERANG – Anggota DPRD Kota Tangerang asal Hanura, Haris Supratman, meminta Pemerintah Kota Tangerang untuk segera membangun gedung SMP negeri di Kelurahan Cibodas, Kecamatan Cibodas. Hal tersebut disampaikan Haris saat melakukan kegiatan reses dewan dapil lima bersama warga RT01/03, Kelurhan Cibodas, Kecamatan Cibodas, Minggu (18/11) petang.

Dihadapan warga, ia mengatakan sudah sering kali persoalan tersebut dibawahnya hingga ketingkat eksekutif (pemerintah Kota Tangerang). “Penting sekali wilayah kita ini segera dibangunkan gedung SMP negeri, karena kita disini sebagai Cibodas induk sama sekali tidak mempunyai sekolah SMP Negeri,” ucap dia.

Menurutnya, dengan adanya sistem zonasi, membuat siswa lulusan dari sekolah dasar (SD) di wilayah ini (Cibodas) sangat kecil sekali berpeluang untuk dapat memasuki sekolah SMP negeri.

“Karena kita kejauhan dengan lokasi SMPN yang ada sekarang ini. Akhirnya anak-anak yang mau masuk sekolah negeri sedikit sekali, karena adanya aturan sistem zonasi itu, sementara lulusan siswa sini setiap tahunnya sangat banyak sekali meningkat,” kata dia.

Untuk itu, dia berjanji akan terus berjuang membawa ranah ini hingga Pemerintah Kota Tangerang merealisasikan, agar kemudian di Kelurahan Cibodas mempunyai SMP Negeri tersendiri. "Mudah-mudahan Pemerintah Kota Tangerang segera membangun SMP negeri di Kelurahan Cibodas ini," ujarnya.

Hal senada diungkapkan tokoh pemuda Kelurahan Cibodas, Katon, mengatakan, saat ini miris sekali Cibodas induk tidak memiliki sekolah (SMP) negeri. Bahkan ia sudah sering kali membawa aspirasi ini, namun hingga kini belum juga ada realisasinya.

Katon yang juga diketahui sebagai Ketua Karang Taruna Kelurahan Cibodas, Kecamatan Cibodas, mengingatkan Pemerintah Kota Tangerang harus segera membangunan SMP negeri di wilayah ini tanpa alasan apapun.

“Bahwa di Kelurahan Cibodas dan Kecamatan Cibodas adalah barometer dari segala kelurahan, namun kami sangat sedih tidak ada sekolah SMP negeri. Dan saya berharap di tahun 2019 ini aspirasi kami dibuktikan secara nyata,” kata Katon kepada awak media ini seusai mengikuti masa reses itu.

Ironis, banyaknya sekolah dasar (SD) dan lulusan siswa dari wilayah ini namun disisi lain tidak ada fasilitas SMP negeri, induknya Cibodas sama sekali tidak mendapatkan SMP negeri, menurutunya.

“Ini ironis bagi saya, selaku induk dari Cibodas, namun kami tidak mendapatkan fasilitas SMP negeri. Sekali lagi, sangat penting, sangat mendesak segera dibangun SMP negeri di sini,” cetus dia.

Pun, Yani, Ketua RT01/03 menambahkan sangat mendesak sekali di Kelurahan Cibodas tersebut segera dibangun SMP negeri.

“Betul, di sini sudah sangat layak dibangun SMP Negeri, banyaknya siswa lulusan dari SD sini hanya sedikit yang masuk SMP negeri, sisa zonasi tadi, karna jauhnya lokasi SMP, seperti di SMP 19dan 20 yang lokasinya jauh kalau megikuti sistem zonasi,” kata dia yang juga seorang guru honorer di SD Cibodas.

Seperti diketahui, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerbitkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud), yakni Nomor 14 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), salah satunya mengatur zonasi sekolah. (ZIE)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek