Politik
Kamis 15 Oktober 2020 21:47
Gubernur Banten Wahidin Halim. (FOTO: Istimewa)
\"Share

SERANG - Menurut Gubernur Banten Wahidin Halim (WH), orang Banten sangat pancasilais sejak jaman Kesultanan Banten.

"Sejak dulu orang Banten Pancasilais. Sejak jaman Kesultanan Banten," cetus WH seusai menghadiri Deklarasi Pembumian Pancasila Di Bumi Banten, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin (UIN SMH), Kota Serang, Kamis (15/10).

Hal itu bisa ditujukkan dengan keberadaan gereja, kelenteng, serta beberapa suku yang tinggal di Banten.

"Itu kan simbol Pancasila. Dari jaman Sultan sudah ada kerukunan antar umat beragama," ujar WH.

"Di Banten orang pergi dan beribadah di gereja dan kelenteng aman-aman saja tidak diganggu," kata dia lagi dalam keteranganya, Kamis (15/10) malam.

Kerukunan umat beragama sudah menjadi nilai-nilai yang terinternalisasi dalam diri masyarakat Banten, menurutnya.

BACA JUGA: WH Klaim Banten Banyak Capaian Dibawah Kepemimpinanya

“Pancasila juga memuat nilai-nilai universal. Ada dimana-mana dan memuat nilai kebaikan. Sehingga nilai-nilai kebaikan apa saja ada di situ,” sambungnya.

Sementara itu terkait UU Cipta Kerja, kata WH, masih ada ruang komunikasi untuk 12 pasal yang kini menjadi kontroversi di masyarakat.

"Kalau kita lihat dari draft yang kita terima, isu-isu tentang UU Cipta Kerja relatif hoaks," ucap Wali Kota Tangerang dua periode ini.

"Mengenai ketenagakerjaan berbeda dengan asumsi dan perkiraan mereka yang menafsirkan lain. Beda boleh, tapi jangan melakukan tindakan-tindakan anarkis," tutur WH.

Sebelumnya, WH menyatakan bahwa Omnibus Law Undang-Undang Cipta Kerja adalah produk Pemerintah Pusat dan DPR-RI yang tentunya tidak melibatkan pemerintah provinsi maupun kabupten dan kota.

"Sebagai Gubernur, saya memahami terhadap pro dan kontra terhadap sikap dan aspirasi dari masyarakat Banten umumnya. Perlu dipahami, bahwa Gubernur adalah representasi perwakilan Pemerintah Pusat.  Ada hubungan dua pemerintahan sebagaimana amanat UU Pemerintahan Daerah," jelas Gubernur. (MUH)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek