Nasional
Senin 09 Agustus 2021 08:42
Achmad Zaky pendiri e-commerce Bukalapak. (FOTO: Dok-Istimewa)
\"Share

JAKARTA - Salah satu pendiri e-commerce Bukalapak Achmad Zaky masuk daftar orang terkaya di Indonesia. Hal tersebut terjadi usai Bukalapak menjalankan aksi korporasi initial public offering (IPO) pada Jumat 6 Agustus 2021.

Bukalapak membuat sejarah sebagai unicorn teknologi pertama yang sahamnya diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI). Di perdagangan perdana, harga saham berusahaan dengan kode emiten BUKA ini melonjak 25 persen.

Dikutip dari  laman Forbes, Minggu (08/08), harga IPO bukalapak di angka Rp 850 per saham. Di debut perdana sahamnya langsung melonjak ke Rp 1.060 per saham dan menebus batas auto rejection atas (ARA).

Perusahaan yang berbasis di Jakarta ini mengumpulkan dana USD 1,5 miliar dalam aksi penawaran umum perdana serta memiliki nilai pasar saat ini di angka USD 7,6 miliar.

seperti dilansir laman Liputan6/tekno, Achmad Zaky, yang mengundurkan diri sebagai CEO Bukalapak awal tahun lalu tetapi tetap menduduki posisi penasihat, memiliki kekayaan bersih kurang lebih USD 330 juta atau setara Rp 4,71 triliun  dengan estimasi kurs 14.300 per dolar AS. Harta tersebut berasal dari 4,3 persen kepemilikan saham di Bukalapak.

Pria berusia 34 tahun ini adalah tokoh terkemuka dalam komunitas bisnis Indonesia karena keberhasilannya membangun Bukalapak dari awal yang sederhana menjadi pemain e-commerce terbesar ketiga di negara itu berdasarkan kunjungan web bulanan.

Zaky mencetuskan ide Bukalapak, yang artinya “membuka lapak”, sebagai cara untuk membantu para pedagang kecil meningkatkan penjualannya dengan menjual dagangannya di internet. Dia bekerja sama dengan teman sekolahnya Nugroho Herucahyono dan Fajrin Rasyid pada tahun 2010 untuk membangun situs web perusahaan dengan modal sekitar USD5.

Saat Zaky masih memimpin, Bukalapak bergabung dengan klub unicorn ketika valuasinya menembus angka USD1 miliar pada 2017. Di tahun yang sama, Zaky dan timnya meluncurkan platform online-to-offline yang dikenal sebagai Mitra Bukalapak. Platform ini memungkinkan kios ibu-dan-pop untuk menjual produk virtual dan barang lainnya kepada pelanggan dan juga menghubungkan pemilik toko dengan pemasok. (***)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek