Politik
Minggu 09 Mei 2021 13:06
Bakal calon kepala desa di Kabupaten Tangerang melakukan tes di Kampus UMN Gading Serpong. (FOTO: Humas)
\"Share

TANGERANG - Menjelang pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak 2021 di beberapa wilayah Kabupaten Tangerang, bakal calon kepala desa melakukan tes CAT guna melengkapi tahapan dalam pemilihan tersebut. Bertempat di Kampus Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Gading Serpong, Sabtu (08/05).

Tes bagi bakal calon (balon) kepala desa sebanyak 390 langsung dipantau Bupati Tangerang Zaki Iskandar, Sekda Maesyal Rasyid serta panitia pelaksana. Tes dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

"Bakal calon kepala desa wajib mengikuti perkembangan teknologi dan juga tes yang dilakukan secara terbuka dan transparan sehingga meminimalisir kecurangan," kata Zaki saat memantau pelaksanaan tes guna memastikan tidak adanya kecurangan.

"Kemudian hasilnya dapat langsung mereka ketahui, dan tidak ada yang bisa dipermainkan di CAT ini," sambung Bupati.

Sekertaris Daerah Maesyal Rasyid yang juga Ketua Pelaksana Pemilihan Kepala Desa menjelaskan, materi yang diujikan kepada balon adalah materi yang terkait dengan wawasan kebangsaan, masalah pemerintahan, pemberdayaan masyarakat, dan tentang pembangunan.

"Setelah mereka (Balon) mengikuti tes dari 4 bidang tersebut, nanti kita akan mengetahui hasilnya dan mendapatkan laporan dari pihak UNIS selaku penyelenggara," ucap dia.

Tes sendiri diselenggarakan mulai pagi hingga jelang siang pukul 12.00 WIB. Ujian diilakukan di 23 ruang kelas dengan kapasitas 20 orang guna menjalankan protokol kesehatan.

Pihaknya berharap panitia pemilihan kepala desa agar transparan dalam proses pemilihan, ini dilakukan guna menciptakan pesta demokrasi yang adil dan transparan untuk masyarakat di Kabupaten Tangerang.

Salah satu peserta ujian (tes) Ahmad Dahlan yang juga balon disalah satu Kecamatan Solear mengatakan, dirinya tidak mengalami kendala yang berarti dalam proses ujian tersebut.

"Tadi kurang lebih ada 100 soal. Allhamdulillah tidak ada kendala yang sulit untuk kegiatan hari ini, lancar-lancar saja semuanya," kata dia.

Sebagai informasi, pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2021 di Kabupaten Tangerang direncanakan bakal digelar pada 04 Juli 2021 mendatang. (EDY)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek