Olahraga
Sabtu 03 Juli 2021 17:38
Pemain Prancis Karim Benzema saat kontra Portugal di EURO 2020. (FOTO: Getty Image)
\"Share

BANTENEXPRES - Berdakwah ternyata tidak hanya lewat mimbar-mimbar pengajian, tetapi juga bisa lewat sepak bola. Seperti yang dilakukan beberapa pemain di Eropa. Berkat jasanya mereka, Islam diterima dan berkembang di negaranya.

Ulama ahli tafsir Gus Baha (KH Ahmad Bahauddin Nursalim) mengatakan, jasa pemain sepak bola muslim telah membawa nama baik Islam sehingga tidak dibenci orang-orang di negaranya. Pengasuh Pesantren Tahfidz Qur'an LP3IA Rembang ini mengapresiasi jasa pemain sepak bola tersebut.

Dalam Tabligh Akbar bersama para dosen dan mahasiswa di Telkom University kemarin, Gus Baha menjelaskan tentang perkembangan Islam di Eropa karena jasa para pemain sepak bola muslim.

Berikut tausiyah Gus Baha dilansir dari laman iqra.id.

"Orang Inggris itu kalau mengenal Islam lewat Mohammed Salah, pemain sepak bola (Liverpool). Mereka tidak ingin mengamati kiyai, justru yang mereka ingin amati adalah pemain bola.

Orang Prancis tidak benci Islam karena Zainuddin Yazid, dalam bahasa Prancis dikenal Zinedine Zidane. Dia imigran dari Aljazair (negara di benua Afrika).

Tapi, setelah Zidane membawa Perancis juara (Piala Dunia 1998), mereka kemudian tidak benci terhadap Islam. Zidane membawa kebanggaan Prancis juara dunia. Apalagi kalau tidak salah, waktu itu ada 3 pemain muslim di Timnas Prancis.

Orang mengira, warga Prancis tidak membenci Islam itu menunggu toleransi beragama lewat buku-buku, ternyata tidak, justru karena pemain sepak bola coba!

Sampai jurnal-jurnal di Prancis setelah juara dunia, "Siapa bisa membenci orang Aljazair? Mereka harga kita, mereka martabat kita."

Dulu, pemain di Inggris kalau mau sholat atau puasa itu susah. Terus mereka mau meminta hak ketika musim puasa. Tetapi sekarang menjadi mudah di luar dugaan. Manchester City dibeli oleh Sulaiman Al-Fahim (pengusaha asal Uni Emirat Arab), ya sudah mau apa kalau yang punya (klub) adalah seorang muslim.

Akhirnya sekarang ada Masjid, mau apa coba? Segampang itu kalau Allah SWT mengubah dunia.

Dalam sejarah yang populer, Islam masuk di Indonesia bukan lewat ustaz, tapi lewat pedagang. Ya meskipun banyak versi para ahli sejarah tentang teori masusknya Islam di Indonesia.

Seperti diketahui, saat ini gelaran sepakbola EURO 2020 tengah berlangsung. Beberapa tim-tim besar elit Eropa juga dihuni pemain-pemain bintang top yang beragama Islam.

Dan bahkan 5 dari 6 gol saat Prancis kontra Swiss (3-3) di babak 16 besar EURO 2020 di cetak oleh pemain Muslim. Prancis oleh Karim Benzema 2 gol, Paul Poga 1 gol.

Sementara 2 dari 3 gol tim Swiss 2 gol dicetak oleh pemain Muslim Haris Seferovic.

Nah, berikut diantaranya para pemain Muslim yang berlaga di EURO 2020:

Paul Pogba
Karim Benzema
N’Golo Kante
Moussa Sissoko
Kurt Zouma
Ousmane Dembele
Wissam Ben Yedder
Eden Hazard
Marcus Thuram
Ilkay Gundogan
Emre Can
Antonio Rudiger
Granit Xhaka
Xherdan Shaqiri
Haris Seferovic

(GUNG)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek