Lapsus
Rabu 16 Juni 2021 20:24
Presiden Jokowi meninjau pelaksanaan vaksinasi masal di Kelapa Dua Kabupaten Tangerang. (FOTO: Dok-Istimewa)
\"Share

TANGERANG - Mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19 di wilayahnya, Bupati Tangerang Zaki Iskandar langsung melakukan berbagai langkah. Hal tersebut lantaran selama dua pekan terakhir, kasus Covid-19 mengalami peningkatan yang cukup signifikan ditandai adanya temuan-temuan kasus dan klaster baru di kecamatan yang sebelumnya dianggap aman.

Untuk itu, Bupati Zaki mengumpulkan seluruh Kepala Rumah Sakit (RS) Pemerintah, RS Swasta dan camat juga kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di Kabupaten Tangerang secara virtual, Rabu (16/06).

"Kita siapkan penambahan fasilitas tempat tidur perawatan khusus pasien Covid-19. Baik itu tempat tidur perawatan biasa maupun tempat perawatan ICU," kata Bupati Zaki, dalam keterangan, Rabu (16/6).

Dia mengatakan dalam waktu satu atau dua pekan ke depan, dirinya berharap tidak ada ledakan kasus Covid-19. Tetapi apa yang terjadi di Jakarta saat ini dalam beberapa hari terakhir cukup mengkhawatirkan, sehingga harus tetap waspada segala kemungkinan buruk harus segera diantisipasi.
 
"Presiden sudah menginstruksikan untuk semua wilayah dengan lonjakan kasus baru yang terjadi baik di Pulau Jawa maupun di luar Pulau Jawa, juga berimbas dan berdampak ke wilayah Kabupaten Tangerang," ujar dia.

Untuk itu, Bupati Zaki menginstruksikan beberapa hal sebagai langkah berjaga untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19.  Di antaranya penambahan tempat tidur perawatan bagi pasien terpapar Covid-19.

"Apabila dimungkinkan untuk melakukan penambahan tempat tidur segera informasikan untuk dapat kita bantu," kata Zaki.

Bupati juga mengajak kepada seluruh camat untuk bekerja sama, bergotong-royong bersama seluruh elemen masyarakat yang ada di wilayah masing-masing untuk melaksanakan pembagian masker dan hand sanitizer.

Juga mengkampanyekan protokol kesehatan dengan mengingatkan kembali masyarakat agar disiplin menerapkannya.

Dia mengingatkan masyarakat agar menerapkan 5 M yaitu disiplin memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer. Keempat menghindari kerumunan dan yang terakhir mengurangi mobilitas.

"Kami juga sedang mempertimbangkan untuk pembatasan kegiatan perkantoran, di pabrik dan juga di pusat perbelanjaan. Hal tersebut dalam rangka meminimalisir sentuhan dan kontak antar masyarakat dan juga warga yang beraktivitas di lokasi tersebut," demikian Bupati Zaki. (EDY/GUNG)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek