Hukum_Kriminal
Rabu 23 Juni 2021 16:03
Petugas dari Kemenkumham memberikan keterangan ke awak media di Pasar Babakan, Rabu (23/06). (FOTO: IST)
\"Share

BANTENEXPRES - Polemik Pasar Babakan menemui babak baru, Rabu (23/06) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) sebagai pemilik lahan mengambil alih pengelolaan pasar yang berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan, Cikokol, Kota Tangerang.

Taufik, Bagian hukum dari Kemenkumham dilokasi menjelaskan kepada awak media, pengambilalihan pengelolaan Pasar Babakan ini sebagai tindaklanjut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait pengelolaan lahan milik Kemenkumham.

Kata dia, sebenarnya ada potensi untuk masuk kas negara, tapi tidak pernah disetorkan ke kas negara. "Inilah fungsi negara hadir," ucap Taufik.

Retribusi pedagang di Pasar Babakan yang selama ini dikelola pihak swasta atau pribadi sangat tidak dibenarkan. Seharusnya retribusi pedagang di pasar tersebut masuk ke kas negara, menurutnya.

"Jadi kami hanya menertibkan pengelolaanya," ujarnya. Pihaknya (Kemenkumham) hadir bukan untuk mengusir atau melarang para pedagang melakukan aktivitas dagang. Melainkan menertibkan pengelolaan Pasar Babakan.

"Hanya saja barangkali ada pemasukan di sini harus disetorkan ke negara, itu yang harus kami setorkan. Oleh karena itu, pengelolanya kami ambil alih," terang dia lagi.

Senada dikatakan Kasubag Barang Milik Negara Kemenkumham Adi Gunawan, retribusi di Pasar Babakan ini seharusnya masuk ke kas negara berbentuk Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

"Itu dimulai berdirinya pasar ini tidak ada PNBP-nya ke negara. Sehingga ada temuan dari BPK itulah yang harus kita tindak lanjuti," kata dia.

Dia menambahkan jika para pedagang di Pasar Babakan masih berhubungan dengan pihak pengelola sebelumnya dalam hal ini PT Pancakarya Griyatama, maka dianggap ilegal.

Pihaknya juga siap bila ada pihak-pihak yang menggugat pengambilalihan pengelolaan Pasar Babakan ini ke jalur hukum.

Dalam pengambilalihan ini para petugas Kemenkumham memasang sejumlah spanduk dan stiker penyegelan di Pasar Babakan dengan keterangan tanda tangan Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM.

PT Pancakarya Griyatama selaku pengelola Pasar Babakan yang berada dibilangan kawasan Tangcity Mall ini melalui kuasa hukumnya menempuh jalur hukum, dengan melakukan gugatan ke Pengadilan Negeri (PN) Tangerang.

Adapun pihak-pihak yang digugat PT Pancakarya Griyatama yakni, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kementerian Keuangan, PT Andhara Berkah Mandiri dan Pemerintah Kota Tangerang. (ZIE/GUNG)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek