Hukum_Kriminal
Kamis 24 Juni 2021 15:19
Direktur Banksasuci Ade Yunus patroli ke Sungai Cisadane. (FOTO: untuk BantenExpres)
\"Share

TANGERANG - Aktivis lingkungan hidup Bank Sampah Sungai Cisadane alias Banksasuci kembali melakukan patroli rutin susuri sungai Cisadane, Rabu (23/06).

Kali ini Banksasuci menemukan sejumlah industri di sepanjang bantaran Sungai Cisadane yang berada di wilayah Kelurahan Panunggangan Utara, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang dan diduga membuang limbah cair ke sungai.

"Kita temukan tiga outlet pembuangan limbah pabrik di kawasan Kelurahan Panunggangan Utara mengeluarkan cairan yang langsung mengalir ke Sungai Cisadane," kata Direktur Banksasuci Ade Yunus dalam keteranganya, Kamis (24/06).

Kuat dugaan, limbah cair yang dibuang tersebut masuk dalam kategori limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3). Pasalnya cairan yang keluar dari outlet tersebut menimbulkan buih dan aroma menyengat, sambung dia.

Ade berkata, dugaan bahwa limbah cair yang dibuang melalui tiga unit outlet tersebut merupakan jenis limbah B3 diperkuat dengan munculnya buih berwarna putih di permukaan air.

"Selain itu, dari penciuman saja terasa aroma menyengat, seperti bau khas dari cairan kimia. Ini kita pakai masker saja aromanya kuat menyengat," cetus dia.

Untuk memastikan apakah limbah cair yang dibuang langsung ke Sungai Cisadane tersebut masuk dalam kategori limbah B3, pihaknya mengambil sampel air dari ujung aliran outlet.

"Ini kita ambil sampel airnya terlebih dahulu. Nanti akan kita uji lab untuk memastikannya, untuk selanjutnya akan kami laporkan ke instansi terkait, " imbuh Ade.

Masih menurut dia, banyak kasus pembuangan limbah cair ke sungai dilakukan pada waktu-waktu tertentu. Seperti pada malam hari, saat turun hujan serta saat debit air sungai sedang meningkat.

"Biasanya di saat-saat tertentu mereka (pabrik -red) membuangnya. Nah kebetulan ini kan debit air Sungai Cisadane sedang naik dan arusnya deras, kuat dugaan yang dibuang itu limbah cair jenis B3," terangnya.

Ade menambahkan, sejatinya masing-masing industri memiliki sistem pengolahan limbah baik padat maupun cair. Untuk jenis limbah cair, sistem pengolahan yang digunakan berupa Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

Dalam kegiatan patroli tersebut , juga ditemukan Sejumlah Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liar di Bantaran sungai Cisadane yang terletak di wilayah Serpong Utara Kota Tangerang Selatan.

"Nanti kami laporkan ke Pemkot Tangsel untuk segera ditertibkan, ini sudah sangat memprihatinkan, dan kalau dibiarkan jelas merusak kelestarian ekosistem sungai Cisadane, " demikian Ade Yunus. (GUNG/ZIE)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek