Nasional
Rabu 23 Juni 2021 19:06
Presiden Joko Widodo. (FOTO: Dok-BantenExpres)
\"Share

BANTENEXPRES - Presiden Joko Widodo menegaskan kebijakan yang diambil pemerintah saat ini adalah Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala Mikro, ditengah meroketnya kasus COVID-19.

Sebelumnya, Presiden mengaku mendapat banyak masukan agar pemerintah menerapkan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) atau lockdown untuk menekan laju COVID-19 tersebut.

"Kenapa pemerintah memutuskan PPKM mikro? Pemerintah melihat bahwa kebijakan PPKM Mikro masih menjadi kebijakan yang paling tepat untuk konteks saat ini, untuk mengendalikan COVID-19 karena bisa berjalan tanpa mematikan ekonomi rakyat," kata Jokowi dalam Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (23/06).

Dia mengungkap PPKM mikro dan lockdown memiliki esensi yang sama, yaitu membatasi kegiatan masyarakat, karena itu tidak perlu dipertentangkan.

"Jika PPKM mikro terimplementasi dengan baik, tindakan-tindakan di lapangan yang terus diperkuat semestinya laju kasus bisa terkendali," ujar dia.

Persoalannya, lanjut Presiden, PPKM Mikro saat ini belum menyeluruh dan masih sporadis di beberapa tempat sehingga laju penyebaran COVID-19 masih terjadi.

"Untuk itu saya meminta kepada gubernur bupati dan wali kota untuk meneguhkan komitmennya, mempertajam penerapan PPKM Mikro, optimalkan posko-posko COVID-19 yang telah terbentuk di masing-masing wilayah desa atau kelurahan," Pinta Presiden Jokowi.

Dalam kesempatan ini, Presiden juga minta kepada masyarakat untuk tetap tinggal di rumah jika tidak ada kebutuhan mendesak mengingat COVID-19 kian mengganas bahkan lonjakan kasusnya tiap hari meningkat ditambah lagi munculnya varian baru.

"Saya minta satu hal yang sederhana ini, tinggallah di rumah jika tidak ada kebutuhan yang mendesak. Hanya dengan langkah bersama kita bisa menghentikan wabah ini," ucapnya.

Presiden juga menegaskan semua pihak harus berperan dan ikut berkontribusi. Sebab kata Jokowi pemerintah tidak akan mampu jika tidak ada kerja sama dari masyarakat. Tidak hanya itu ia pun meminta seluruh masyarakat agar disiplin dan kuat dalam menghadapi wabah.

"Oleh sebab itu mari kita semua lebih berdisiplin, disiplin yang kuat dalam menghadapi wabah ini," demikian Presiden Jokowi. (GUNG/MAN)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek