Ekonomi
Selasa 11 Mei 2021 21:03
Bupati Tangerang mendampingi Menaker meninjau Posko THR di Dinas Ketenagakerjaan setempat. (FOTO: Dok-IST)
\"Share

TANGERANG - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menerima keluhan dari pekerja yang belum menerima pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR). Keluhan tersebut Menaker terima saat meninjau Posko THR di Kabupaten Tangerang, Selasa (11/05).

Salah seorang buruh diperusahaan perkayuan mengungkapkan kepada Menaker dan juga Bupati Tangrang Zaki Iskandar terkait THR yang belum dibayarkan. Menurut pekerja tersebut alasan perusahaan belum membayarkan THR karena tidak ada uang.

“Perusahaan kami belum memberikan THR alasannya belum ada uang. Padahal produksi normal, dialog sudah dua kali. Perusahaan sampaikan laporan keuangan tapi kita juga bingung,” ungkap pekerja itu di Posko THR 2021 Disnaker Kabupaten Tangerang.

“Ekspor walau tidak banyak jalan terus. Kalau ditagih gajian kita alasannya lagi ekspor. Giliran sudah ekspor alasannya tidak ada uang, kita sebagai karyawan bingung. Kita dituntut bekerja terus,” ujar dia.

Menanggapi keluhan buruh tersebut, Menaker Ida  menjelaskan segala laporan sebaiknya tercatat di Posko THR. Hal tersebut supaya ada tindak lanjut dari pemerintah.

Namun, kata Ida, sebelum hal itu dilakukan sebaiknya ada dialog antara pekerja dan perusahaan. Setelah ada dialog, namun perusahaan belum bisa memberikan THR, maka perusahaan wajib memberikan laporan keuangan.

“Pertama ada dialog tidak, kemudian apakah perusahaan menyampaikan laporan keuangan. Pengawas juga harus paham laporan keuangan. Kalau teman-teman tidak mampu membaca laporan keuangan, saya kira harus ada verifikasi dan validasi dari teman-teman pengawas,” ujar Menaker Ida.

“Ini dilaporkan, nanti pasti akan dibantu yang penting teregister nanti ada tindak lanjut,” tegas dia.

Menurut Ida Fauziyah, pemerintah terus memantau pelaksanaan pembayaran THR hingga saat ini. Pemantauan tersebut melalui Posko THR Keagamaan baik di tingkat pusat dan di daerah.

"Pemerintah akan terus memantau pelaksanaan penyaluran THR keagamaan lewat Posko THR. Sudah banyak perusahaan yang membayar THR. Kita beri apresiasi kepada perusahaan yang sudah bayar THR, " kata dia.

Sesuai Surat Edaran (SE) Kementerian Ketenagakerjaan Nomor M/6/HK.04/IV/2021 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) Keagamaan Tahun 2021 bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan.

"Pemberian THR Keagamaan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh pengusaha kepada para karyawannya," demikian Menaker Ida.

Sebagai informasi, 2 hari jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H tercatat sebanyak 278 kasus konsultasi dan pengaduan yang dilaporkan ke Posko THR di Kabupaten Tangerang. (EDY/MAN)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek