Ekonomi
Minggu 12 September 2021 10:48
CEO Gula Aren Airmas Rizky Prima. (FOTO: untuk BantenExpres)
\"Share

BANTENEXPRES - Berbagai produk makanan dan minuman hampir semua bervarian manis atau mengadung rasa manis. Baik pada makanan ringan maupun untuk minuman-minuman yang biasa kita konsumsi. Rasa manis memang cenderung digandrungi setiap orang, tua muda.

Namun, keberadaan rasa manis sendiri juga kerap menjadi malapetaka alias sumber penyakit yang amat berbahaya, serius dan sangat ditakuti semua orang, jika dikonsumsi terus-menerus dan berlebih. Diabetes misalnya.

Rasa manis itu sudah tentu bersumber dari gula. Yah, gula, rasanya yang manis menjadi sesuatu yang kira-kira wajib disajikan atau dicampurkan baik pada olahan makanan maupun minuman.

Gula sendiri ada yang serbuk, cair dan padat. Selama ini masyarakat sudah mengenal gula dengan dua pilihan, gula putih dan gula merah. Bahkan dewasa ini gula juga terbuat dari jagung, tidak melulu sari tebu sebagai bahan pembuatan gula.

Semakin berkembangnya jaman, saat ini ada pula gula yang terbuat dari aren (sari air nira). Gula aren ini dipandang sebagai alternatif pengganti gula yang sudah ada bahkan baik bagi kesehatan. Pasalnya rasa manis yang dihasilkan gula aren benar-benar murni dari bahan alami.

Gula aren bisa sebagai pengganti gula pasir/padat yang sudah ada beredar ditengah-tengah masyarakat. Baik untuk minuman maupun sebagai campuran olahan pada bahan makanan yang sering kita jumpai.

Seperti gula aren porduksi Airmas. Baru-baru ini, Airmas memproduksi sendiri gula aren guna memenuhi kebutuhan masyarakat dan rumah tangga, juga sebagai pengganti gula putih maupun gula merah dan gula jagung.

Rizky Prima, CEO Airmas sekaligus pencetus gula aren menjelaskan, gula aren yang diproduksinya terdapat dua jenis, serbuk dan cair. Ia mengatakan gula aren produksi Airmas murni dari bahan alami yang mempunyai rasa manis, sekaligus baik bagi kesehatan.

"Dan bisa dikonsumsi kapan saja, baik untuk minuman dan bisa juga sebagai bahan campuran makanan," kata Rizky saat berbincang dengan awak media ini.

Gula aren Airmas sendiri mempunyai motto, bersih praktis dan halal. Alternatif, praktis serta terjangkau bagi kebutuhan rumah tangga, sambung dia.

"Artinya, kami menghadirkan produk (gula aren) yang terjaga kebersihannya, praktis dan halal untuk dikonsumsi setiap saat. Soal harga pun sangat terjangkau untuk kebutuhan rumah tangga," tutur dia.

Disamping itu, kata dia, Airmas memproduksi gula aren tidak semata-mata karena persoalan komersil. Namun, juga ingin ikut serta membangkitkan para pelaku UMKM dan pasar rakyat.

"Karena kita tahu gula yang sudah ada terkadang hasil impor. Oleh karena itu kita ingin membangkitkan kembali produk lokal dan membantu para pelaku UMKM," ujar Rizky.

Sehinga, lanjut Rizky, keberadaan UMKM yang ada dapat kembali bangkit terlebih disaat badai pandemi melanda. "Gula aren Airmas hadir memenuhi kebutuhan masyarakat dan membantu para pelaku UMKM, dan para petani agar kembali bangkit ditengah kondisi saat ini," ucap dia.

Ia bersama rekan-rekan dari Airmas yang didominasi para pemuda ini tergerak dengan rasa kepedulian. Dengan harapan besar para pelaku UMKM khususnya di Tangerang Raya dan Banten, produktif secara ekonomi dan mandiri.

Rizky menambahkan, gula aren produksi Airmas akan dijual di pasar-pasar rakyat, agar mudah dijangkau semua kalangan khususnya rumah tangga.

"Saat ini kami buka kios di Pasar Babakan Cikokol Tangerang, atau bisa menghubungi kami langsung untuk pemesanan dan kemitraan kami juga siap buka," jelas dia.

Untuk diketahui lagi, gula aren produksi Airmas ini terdapat dua jenis kemasan, serbuk dan cair. Serbuk dengan kemasan 250 gram, dan 250 ml untuk cair.

"Target kami gula aren Airmas tembus Jabodetabek. Hingga bisa me-nasional, karena kebutuhan masyarakat kita akan gula tinggi. Kami berharap dapat diterima masyarakat," imbuh dia.

"Alhamdulillah, kami pun sudah mendapat support dari kepala daerah di Kota Tangerang dan Kota Tangsel. Mohon doanya agar ikhtiar kami sukses dan lancar," Rizky mengakhiri.

Sebagai informasi, gula aren dikenal sebagai gula alami karena memerlukan proses pembuatan yang minimum dan tidak menggunakan bahan kimia. Manfaat gula aren sendiri dipercaya lebih menyehatkan karena mengandung lebih banyak nilai gizi dengan indeks glikemiks lebih rendah dibandingkan gula pasir.

Berikut manfaat gula aren bagi kesehatan dikutip dari berbagai sumber:
1. Mengatasi anemia
2. Menangkal radikal bebas
3. Sumber energi tambahan
4. Meningkatkan daya tahan tubuh
5. Melancarkan pencernaan
6. Menjaga kesehatan tulang
7. Membantu pertumbuhan sel
8. Menjaga sistem syaraf
9. Meningkatkan daya ingat
10. Mengatasi bau mulut yang kurang sedap
11. Mengatasi sakit tenggorokan, dan
12. Menyembuhkan infeksi saluran kemih

(ZIE/GUNG)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek