Politik
Selasa 14 Januari 2020 18:41
Logo Pemkab Serang. (FOTO: Wikimedia)
\"Share

SERANG - Sekretaris Daerah Kabupaten Serang Tb Entus Mahmud Sahiri menegaskan untuk seluruh proses pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 di wilayah itu, pemerintah daerah telah menganggarkan sebesar Rp106 miliar.

"Kurang lebih Rp106 miliar, baik untuk KPU, Bawaslu serta pendukung keamanan baik TNI maupun Polri," katanya usai Rapat Koordinasi Pembentukan Badan Ad Hoc di Serang, Selasa (14/1).

Menurutnya PIlkada 2020 ini sangat strategis bagi Kabupaten Serang, karena memiliki arti penting dimana pelaksanaannya di Provinsi Banten ada empat wilayah, yakni Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, Kota Cilegon, dan Tangsel.

"Kita di Kabupaten Serang merupakan salah satunya, tentu harus melaksanakan dengan baik dan sukses," ujarnya.

Untuk itu kata Entus Pemda sudah berkoordinasi dengan KPU dan Badan Anggaran legislatif untuk menyiapkan dana yang memadai.

"Kita meyakini bahwa apa yang sudah dianggarkan oleh pemda ini bisa mendanai seluruh tahapan PIlkada tinggal barangkali kegiatan selanjutnya bagaimana kita berupaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilihan nanti," kata Entus.

Ia berharap ada peningkatan partisipasi sebagaimana pelaksanaan Pilkada serentak kemarin. Untuk itu melalui forum tersebut ia meminta kepada para camat untuk mensosialisasikan tahapan-tahapan Pilkada nanti.

BACA JUGA: Bupati Serang Minta Kades Tidak Korupsi Dana Desa

Pemkab Serang dan juga KPU memiliki target peningkatan partisipasi semaksimal mungkin, akan tetapi tidak boleh kurang dari 60 persen.

"Makanya ada waktu untuk para camat dan juga seluruh ASN diminta untuk mensosialisasikan seluruh tahapan-tahapan Pilkada, terutama dalam meningkatkan tingkat partisipasi masyarakat, dan juga harus menciptakan kondisi yang kondusif, dan masyarakat diminta tidak mempercayai informasi yang bersifat hoaks," kata dia dilansir laman kantor berita Antara.

Seperti diketahui, KPU setempat telah melaunching pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Serang, pada 4 Desember 2019 lalu, di Alun-alun Kramat Watu.

Launching sendiri dibuka secara resmi oleh Anggota KPU RI Pramono Ubaid Tanthowi dengan diiringi Ketua KPU provinsi, Bawaslu, Ketua KPU Serang dan Anggota, Wakil bupati Serang dan Seluruh Pimpinan Forkominda dan dilanjutkan dengan pelepasan Balon sebagai simbol pemilihan Bupati dan wakil Bupati Serang mulai dilaksanakan.

Sebagai informasi, sesuai PKPU 16 Tahun 2019 bahwa Pembentukan PPK dimulai pada tanggal 15 Januari 2020. Diharapkan kepada masyarakat Kabupaten Serang  yang berminat sebagai Penyelenggara Pemilihan di Adhoc Baik PPK maupun PPS agar mempersiapkan diri, KPU Kabupaten Serang akan segera menginformasikan lebih lanjut sesuai tahapan dan aturannya melalui Web, Medsos, Mading di setiap masing-masing Kecamatan dan Media Informasi lainnya. (MUH)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek