Wawancara
11/11/2012 17:30
\"Share

TANGERANG KOTA - Dedy Gumelar atau lebih dikenal dengan Miing adalah politisi senayan yang cukup handal dari PDI-Perjuangan. Pelawak asal Banten ini selain dikenal cerdas juga sering bicara ceplas-ceplos alias apa adanya, berani untuk benar. Ditemui Bantenpost usai acara silaturahmi dan sosialisasi bakal calon pilkada Kota Tangerang 2013 di Sekretariat DPC PDIP Kota Tangerang, Modernland, Sabtu (10/11) malam, anggota Komisi X DPR-RI ini mengungkapkan ia siap untuk diusung maju sebagai bakal calon dari DPC PDI Kota Tangerang sebagai T1 (Walikota Tangerang).

 

Berikut hasil petikan wawancaranya;

 

Isu Center Anda akan calonkan menjadi Walikota Tangerang 2013 oleh DPC PDIP Kota Tangerang,  apa pendapat Anda ?

 

Saya mengapresiasi DPC sini (PDIP Kota Tangerang), dari awal saya tidak punya sikap mengajukan diri, kebetulan PAC dan DPC sini meminta dan ketika meminta itu adalah sebuah penghormatan bagi saya, kenapa tidak  di Pandeglang dan Lebak, karena disana tidak pernah meminta saya, bukan untuk dibeli-beli, bukan, saya merasa tidak etis banget. Karena saya sendiri masih bertugas di DPR dan belum selesai,  jadi tidak mungkin saya ‘menjual’. Ini adalah konteknya kader yang mumpuni dibandingkan dengan kandidat lain atau kader lain saya kira ini adalah sebuah penghormatan bagi saya.

 

Anda Siap ?

 

Oh, saya sangat siap, saya tidak mungkin tidak siap, pengurus PAC dan DPC PDIP Kota Tangerang sudah dan secara lisan ketua DPD PDIP Banten Ribka Tjiptaning sudah memberikan respon dengan baik untuk menyuruh saya untuk turun.

 

Bagaimana dengan DPP?

 

Kalau pak Cahyo (Cahyo Kumolo), bahasa lisanya, tergantung kamu ? Artinya kalau tergantung kamu (saya) insya Allah saya siap. Kuncinya ada di ketua Umum PDIP.

 

Apa yang Anda tahu tentang Kota Tangerang ?

 

Yang saya tahu tentang Kota Tangerang adalah salah satu kota yang sangat strategis sebagai penunjang Ibukota DKI Jakarta yang paling dekat, selain Depok dan Bekasi. Justru Kota Tangerang ke Jakarta ini adalah pintu terakhir dari perlintasan Sumatara melalui ujung bagian jawa Kota Tangerang ini. Saya kira Kota Tangerang adalah kota yang sangat strategis, problematikanya hampir sama dengan Jakarta, penduduknya urban, heteroginitas dan kota yang tidak memiliki sumber daya alam, ini kota Tangerang adalah arus indutri dan perdagangan , tourisme yang belum tergarap di Kota Tangerang.

 

Selama ini orang sudah tahu Kota Tangerang banyak mempunyai prestasi ? Apa yang akan dilakukan oleh Anda kedepan ?

 

Saya kira prestasi yang sudah dibangun oleh pemimpinya, baik itu memuaskan masyarkat atau tidak memuaskan masyarakat harus kita hormati, kita harus kasih apresiasi kepada pemimpinnya saat ini. Kita tinggal melanjutkan apa yang belum tercapai lalu kemudian kreatifitas apa yang belum kita garap dari potensi yang ada ? Barangkali ada yang belum tergarap dari pemimpinya terdahulu. Contoh,  tourism di Kota Tangerang belum tergarap dengan baik padahal potensi Tourimse di kota Tangerang sangat luas dengan kesana kesini macet dan jauh, Kota Tangerang bisa menjadi solusi. Punya Cisadane belum dimanfaatkan airnya mengalir begitu saja.

 

Ada target/program Anda buat Kota Tangerang?

 

Secara umum saya ingin menjadikan Kota Tangerang menjadi Kota berkebudayaan dan peradaban, artinya memberikan kepada warganya agar menjadi polisi bagi dirinya masing-masing, kuncinya satu, ekonomi akan mengikuti dari belakang bilamana masyarakatnya tertib dan dispilin. Kita bangun itu dulu, orang kebanyakan ekonomi dulu rakyatnya tidak beradab.

 

Rumornya Anda terlebih dahulu diplot di Lebak ?

 

Tidak..! saya tidak pernah diplot di Lebak, tidak pernah diminta oleh DPC dan PAC sana (Lebak) dan oleh siapapun. Ada masyarkat yang pernah mendaftarkan saya disana, itu masyarakat bukan partai, silahkan saja, itu masyarakat. Saya ini kan orang partai tidak mungkin mengikuti masyarkat umum dan harus partainya yang meminta. Dan ternyata mungkin PDIP Lebak tidak membutuhkan saya, kalu sekarang di Lebak meminta saya untuk kesana yah sudah terlambat, dan kita harus hargai orang yang telah apresiasi kita.

 

Jokowi dengan PDIPnya lagi buming, apakah Anda karena “Efek Jokowi” sehingga mau maju pada Pilkada Kota Tangerang ini ?

 

Tidak ada hubungannya dengan Jokowi, yang dilakukan oleh Jokowi yah saya juga sudah lakukan di dapil saya sendiri, untuk bias membuktikan kinerja seorang kader berikan dia kesempatan baru kita ketahuan dan terukur kinerja kita disitu. Soal efek, saya tidak mempercayai bahwa politik itu liner, starategi yang digunakan oleh Jokowi itu belum tentu sama yang dilakukan dengan kita akan tetapi substansinya harus sama, yaitu mendekatkan pelayanan, jadi menjadi penguasa itu bukan harus dilayani, tetapi melayani. Kalau nanti saya kampanye di Kota Tangerang, saya tidak akan menggunakan baju kotak-kotak, bagi saya kotak-kotak atau bukan, semua orang pasti tahu saya, saya Miing ha..ha..ha…, tidak harus sama dengan orang lain.

 

Bagaimana dengan bakal calon/lawan-lawan lainnya nanti di Pilkada Kota Tangerang?

 

Saya anggap semuanya bagus.

 

Sudah ada gambaran belum di PDIP Kota Tangerang sendiri untuk T2 (Wakil) jika Anda menjadi T1 (Walikota)?

Belum, belum muncul, kita munculkan aja kita dulu, T2 nya nanti belakangan nyusul, dari hasil deklarasi dengan 3 partai kemarin tidak mungkinlah semua bandrolnya T2 pastilah inginya T1 ha ha ha, nanti mungkin diujung-ujung, ketika potensinya mucul barulah, biasanya bandorlnya 75, gocap (50) juga jalan he..he..

 

Bagaimana dengan ketidak hadiran seluruh ketua-ketua PAC PDIP Kota Tangerang sendiri pada pertemuan kali ini ? Katanya diboikot acara ini ?

Oh ya, waduh saya tidak tahu, sampaikan sama temen-temen PAC dari Miing. Diboikot atau tidak, tidak masalah, enak tidur saya hahhaaa.. Saya hanya ingin mematuhi ketuanya, kalau kader PDIP bermanfaat untuk PDIP tidak salahnya, tidak ada alasan untuk menolak saya, kalau ada yang boikot saya, saya kira orang itu kerdil amat, tetapi saya yakin mereka tidak memboikot saya, mungkin mereka tidak hadir karena mereka ada kesibukan lain. (JNA/ZIE)

Berita Terkait

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek