Pendidikan
Sabtu 14 Desember 2019 07:41
Para pegiat forum Taman Bacaan Masyarakat (TBM) mengadakan workshop di Kota Cilegon. (FOTO: untuk BantenExpres)
\"Share

BANTENEXPRES - Ketua umum Forum Taman Bacaan Masyarakat (Forum TBM) Banten menyampaikan, bahwa Forum TBM merupakan komunitas literasi yang diinisiasi masyarakat yang dimulai bergerak sejak 2005. Selama belasan tahun komunitas ini mengusung misi mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pada perjalanannya, Forum TBM mengalami pasang surut aktivitas. Pada periode 2010-2015, ketika dipimpin oleh Gola Gong sebagai Ketua Umum, saat itulah Forum TBM mulai menghentak, dan keberadaan komunitas ini pun semakin dikenal.

Selama melaksanakan program-programnya, Forum TBM bermitra dengan berbagai pihak, baik pemerintah maupun lembaga swasta. Kemitraan dengan pemerintah sangat erat, khususnya dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pada periode kepengurusan 2015-2020 ini, dibawah pimpinan ketua umum Firman Hardiansyah, Forum TBM bersama Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, menyelenggarakan kegiatan Workshop Optimalisasi Peran Forum TBM.

Kegiatan ini dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Cilegon, tanggal 12-14 Desember 2019. Workshop diikuti oleh lebih dari 60 orang penggiat dan pengurus TBM dari berbagai wilayah Indonesia.

Tujuan diselenggarakannya workshop ini, di antaranya memberikan wawasan kepada para pengurus Forum TBM yang akan bekerja pada periode selanjutnya, yaitu tahun 2020-2025 mengenai keorganisasian Forum TBM. Juga membangun kemitraan dengan pemerintah, hingga dinamika TBM di Indonesia.

BACA JUGA: Teh Eny: Era 4.0 Guru Dituntut Miliki Tiga Kemampuan Literasi

Dan melalui workshop ini pun, diharapkan dapat dijadikan sebagai wadah untuk merumuskan rekomendasi-rekomendasi yang betul-betul bisa membantu pemerintah dalam bersama-sama berjalan untuk mencapai cita-cita—melaksanakan misi “mencerdaskan kehidupan bangsa”.

Harapan Forum TBM kepada Pemerintah

Ketua Umum Forum TBM periode 2015-2020, Firman Hardiansyah mengemukakan pentingnya pemahaman organisasi Forum TBM yang mandiri, independen, dan amanah. Meskipun Forum TBM bukan organisasi/lembaga plat merah, Forum TBM tetap memerlukan pembinaan dari pemerintah terkait, khususnya dari pemerintah setempat (pemerintah daerah).

Menurut Firman Hardiansyah, Forum TBM di daerah-daerah sangat mengharapkan binaan dan bantuan dari pemerintah.

“Forum TBM di wilayah sangat berharap dapat difasilitasi, misalnya dalam bentuk hal-hal teknis, agar bisa melaksanakan program-programnya maupun kegiatan keorganisasian secara maksimal,” kata Firman yang juga diketahui akademisi dari Untirta Serang Banten ini dalam siaran pers yang diterima BantenExpres, Jumat (13/12).

Forum TBM di beberapa wilayah Indonesia memiliki beberapa kendala geografis yang cukup menghambat, contohnya di wilayah kepulauan, sambung dia.

Menanggapi persoalan seputar Forum TBM yang diungkap Firman Hardiansyah, Dr. Untung, Kasi Budaya Baca Kemendikbud Mengemukakan bahwa pengembangan literasi merupakan prioritas pemerintah. Dan optimalisasi peran Forum TBM mendapat dukungan penuh dari pemerintah.

Dr. Untung mengemukakan bahwa pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tetap menganggarkan biaya untuk pengembangan literasi, demi mewujudkan visi pengembangan kecerdasan masyarakat dan bangsa, melalui program-program terencana, yang di antaranya melibatkan Forum TBM. (MUH)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek