Nasional
Selasa 14 April 2020 01:18
Hampir 800 jasad yang meninggal karena Covid-19 kini mulai dipindahkan dari jalanan Ekuador. (FOTO: AFP)
\"Share

BANTENEXPRES – Kasus pandemik Coronavirus [Covid-19] di Kota New York, Amerika Serikat (AS) telah melampaui China dan Inggris. Berdasarkan data resmi yang dirilis pemerintah, saat ini New York memiliki sedikitnya 104.410 kasus Covid-19.

Dikutip dari laman EPA dan ROL, pada Ahad (12/4), Pemerintah Kota New York mencatat peningkatan 5.695 kasus Covid-19. Sementara itu, korban meninggal telah berjumlah 6.898 jiwa.

Data itu menempatkan New York di atas China dan Inggris dalam hal jumlah kasus Covid-19. Hingga berita ini ditulis, Inggris memiliki 84.279 kasus, sedangkan China 82.160 kasus.

Sementara itu, Tim Satuan Tugas (Satgas) Kepolisian dan militer Ekuador mengatakan telah memindahkan hampir 800 jasad dalam beberapa pekan terakhir. Jasad-jasad tersebut dijemput dari rumah-rumah di daerah Guayaquil, pusat penyebaran Coronavirus di negara itu.

"Jumlah yang kami kumpulkan dengan satuan tugas dari rumah-rumah penduduk melebihi 700 orang," kata Pemimpin Tim Satgas Jorge Wated seperti mengutip AFP.

BACA JUGA: Tangerang Raya Terapkan PSBB, Berikut Kegiatan-Kegiatan Yang Dibatasi

Wated mengatakan pada Minggu (12/4) tim telah bekerja selama tiga pekan terakhir dan telah mengumpulkan 771 jasad dari rumah dan 631 lainnya dari rumah sakit, yang kamar mayatnya saat ini penuh.

Ia tidak merinci penyebab kematian para korban tersebut, namun 600 di antaranya dikabarkan telah dikuburkan oleh pihak berwenang.

Seperti dilansir CNNIndonesia, jasad-jasad ini mulai dikeluarkan dari rumah warga dan rumah sakit setelah tiga minggu kamar mayat di rumah sakit di Guayaquil tak bisa lagi menampung. Hal tersebut membuat keterlambatan layanan forensik dan rumah duka.

Banyaknya temuan mayat tersebut diduga akibat kapasitas kamar mayat di rumah sakit yang sudah tidak bisa menampung jenazah.

Seorang pekerja kamar mayat mengatakan jika pihaknya tidak bisa mengatasi banyaknya jumlah mayat yang datang, sehingga mereka tak punya pilihan sehingga banyak mayat yang terlantar di rumah hingga jalanan. (GUNG)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek