Lapsus
Selasa 03 Maret 2020 08:23
Ilustrasi, Wuhan Coronavirus. (FOTO: credit CDC Alissa Eckert)
\"Share

BANTENEXPRES - Indonesia sudah positif terdampak virus corona [Covid-19], dan Presiden Joko Widodo telah mengumumkan dua warga negara Indonesia di Depok, telah positif terjangkit virus yang mematikan mengguncang dunia ini, corona, Senin (02/03).

Sementara itu, Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Kesehatan melakukan peningkatan kewaspadaan. Terlebih, menghimbau warga masyarakat Kota Tangerang untuk tak segan cuci tangan dengan bersih dan higienis. 

dr Liza Puspadewi--Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, menyampaikan pada awak media [prescon] di Tangerang, Senin (02/03), menjaga kebersihan diri adalah antisipasi utama menangkal wabah virus corona. Ia pun meminta, warga masyarakat untuk selalu cuci tangan, kemudian menjaga tubuh lebih fit sehingga imunitas terjaga. 

“Karena, virus corona sangat mudah menjangkit mereka yang lemah, maka terbanyak diidap para lansia. Jika kita menjaga kebersihan tubuh, cuci tangan, makan makanan yang sehat dan dimasak secara baik. Insyaallah, bisa terhindar dari virus corona,” terangnya. 

Ia mengungkapkan, hal-hal wajib yang harus dilakukan masyarakat ialah tingkatkan daya tahan tubuh, berperilaku bersih dan sehat, etika batuk, sering cuci tangan, jika tidak penting jangan berpergian ke pusat keramaian, makan makanan yang seimbang dan sudah dimasak dengan baik. 

“Kemarin kita mewaspadainya masih cukup mudah, hanya mewaspadai mereka yang baru pulang dari negara terjangkit. Saat ini, sudah ada warga Indonesia yang terjangkit, dengan itu yang harus kita lakukan adalah menjaga diri kita dengan baik dan benar,” ujar dia. 

BACA JUGA: Diusia Ke-27 Kota Tangerang Banyak Prestasi, Tapi Banjir Belum Teratasi

“Jangan panik namun tetap waspada, terpenting jaga tubuh kita tetap fit, sesering mungkin mencuci tangan dengan sabun dibawah air mengalir,” tandas dr Liza. 

Sebagai informasi, jika ada gejala atau terindikasi virus corona RSUD Kabupaten adalah salah satu RS yang siap melakukan penanganan isolasi pasien virus corona. Masyarakat Kota Tangerang juga bisa menginformasikan ke call center di nomer 0822-9997-3322 atau 119 dan 112.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Banten akan mengambil langkah cepat jika ada warganya yang terjangkit virus corona. Langkah itu dengan merujuk pasien ke Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso.

"Jika dari pantauan terindikasi kuat (positif korona) akan dirujuk ke Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso," kata Gubernur Banten Wahidin Halim pada awak media di Serang Senin, (02/03).

Gubernur juga menyampaikan, dengan adanya kasus dua warga Depok, Jawa Barat positif corona. Maka, pihaknya [Pemprov Banten] saat ini mewaspadai dan meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi kondisi tersebut. Berdasarkan hasil dari pantauan dan observasi tidak ada warga Banten yang terindikasi hingga kini.

"Agar seluruh rumah sakit dan puskesmas melakukan penangkalan pertama. Ini sudah jalan. Semoga kita tidak kecolongan," cetus Gubernur Banten.

Pemerintah Provinsi Banten pun melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mengeluarkan surat edaran untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona [Covid-19]. (EDY/MUH)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek