Pendidikan
Sabtu 14 Maret 2020 14:26
Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Masyati Yulia. (FOTO: Istimewa)
\"Share

TANGERANG - Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Pendidikan Kota Tangerang mengeluarkan Surat Edaran berupa imbauan kepada seluruh Kepala Sekolah, mulai dari TK/RA, SD/MI, SMP/MTs baik Negeri maupun Swasta, diseluruh Kota Tangerang.

Surat [imbuan] itu berdasarkan edaran dari Pemerintah Pusat, yakni Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang tertuang Nomor: 2 Tahun 2020 Tanggal 9 Maret, Tentang Pencegahan dan Penanganan Corona Virus Disease [Covid-19].

Serta edaran dengan Nomor: 3 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Corona Virus Disease [Covid-19].

BACA JUGA: Dua Warga Banten Kena Corona, Gubernur Minta Masyarakat Tidak Panik

“Dengan ini kami mengimbau Saudara (Baca-Kepala Sekolah) agar melakukan langkah-langkah pencegahan sebagai berikut:

1. Menysosialisasikan tentang Corona Virus Deasase [Covid-19] dengan menggunakan materi dan Kemenkes.
2. Memastikan siswa-siswinya melakukan cuci tangan pakai sabun dan alat pembersih sekali pakai (tissu) serta perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).
3. Memonitor kehadiran siswa.
4. Memastikan makanan yang tersedia dirumah dan di kantin sudah dimasak sampai matang
5. Mengingatkan kepada siswa agar tidak berbagi makanan dan minuman dan alat musik tiup
6. Mengingatkan agar siswa untuk menghindari kontak fisik langsung (bersalaman, cium tangan, berpelukan dan sebagainya.
7. Menunda kegiatan yang mengumpulkan orang banyak atau kegiatan diluar (berkemah, studiwisata di dalam kota maupun di luar kota).
8. Membatasi tamu dari luar.
9. Membersihkan tempat-tempat ibadah.
10. Disetiap westafel sekolah agar disediakan sabun.
    

BACA JUGA: Anggota DPRD Minta Wali Kota Tangerang Buat Sambutan Resmi Soal Corona

"Demikian disampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih,”. Demikian bunyi surat edaran [imbauan] tersebut yang ditandatangai Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Masyati Yulia, di Tangerang, tertanggal 12 Maret 2020.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, dr Liza Puspadewi, juga memberikan imbauan kepada sekolah untuk menundak kegiatan study tour sekolah. Namun, juga minta agar tidak perlu khawatir secara berlebihan apalagi sampai panik.

"Kalau bisa mah kami menghimbau agar sekolah untuk menunda dulu kegiatan study tour keluar Kota. Kalau yang sudah terlanjur dan mendesak sebaikanya jangan bergelombang hindari keramaian. Ini untuk kewaspadaan saja," ujar Liza dalam kesempatan diskusi publik, di Saung Banksasuci pekan lalu.

Mengganasnya sebaran wabah virus corona menggegerkan publik, hingga sebabkan seakan dunia berhenti sejenak dari berbagai kegiatan dan aktivitas. Dilaporkan WHO ratusan negara terdampak corona dan menimbulkan korban jiwa, tak terkecuali Indonesia. (EDY/ZIE)

Tentang Kami | Hubungi Kami | Redaksi | Disclaimer

PT BantenExpres Siber Media ©2018     develop by mitratek